DPRD Kota Semarang Minta PDAM Segera Atasi Masalah Krisis Air Bersih di Wilayah Timur

DPRD Kota Semarang meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) secepatnya menyelesaikan permasalahan krisis air bersih di wilayah timur Kota Semarang.

DPRD Kota Semarang Minta PDAM Segera Atasi Masalah Krisis Air Bersih di Wilayah Timur
NET/JOGLOSEMAR
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRUBUNJATENG.COM, SEMARANG - DPRD Kota Semarang meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) secepatnya menyelesaikan permasalahan krisis air bersih di wilayah timur Kota Semarang.

Hal ini mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau sehingga PDAM harus mengantisipasi dampak musim kemarau terhadap ketersediaan air bersih di Kota Semarang.

"Kami khawatir kalau PDAM tidak segera menyelesaikan persoalan krisis air bersih di wilayah timur, bagaimana nanti kalau sudah kemarau panjang? Pasti warga akan semakin menderita karena tidak ada air," kata Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Joko Santoso, di Gedung DPRD Kota Semarang, Kamis (17/5/2018).

Menurut Joko, perlu adanya evaluasi secara menyeluruh terkait dengan kinerja PDAM Kota Semarang saat ini. Di antaranya terkait instalasi jaringan air yang perlu perawatan dan pembenahan di beberapa tempat.

"Seperti saya lihat ada sedimen di waduk resiver di kudu, yang harusnya dalamnya 4 meter ini sekarang hanya 2 meter saja. Ini berarti perawatan kurang," ungkapnya.

Sementara terkait dengan banyaknya keluhan dari warga Kota Semarang khususnya yang berada di wilayah timur, Joko menghimbau langkah konkret dari PDAM untuk mengatasi masalah tersebut secepatnya dilakukan.

Pasalnya, imbas krisis air di Semarang wilayah timur itu berdampak pada 50.000 pelanggan. Ia berharap PDAM tidak hanya menunggu selesainya rehabilitasi Bendung Kletak Klambu, Kabupaten Grobogan, yang menjadi sumber utama pasokan air baku di IPA Kudu.

"Harus ada solusi yang cepat jangan sampai ini nanti PDAM hanya bisa menjanjikan air akan normal kembali dalam dua bulan. Itu masalah klasik," paparnya.

Meski demikian, Joko mengapresiasi, langkah PDAM yang menyuplai air bersih dengan menggunakan truk tangki untuk memenuhi kebutuhan air warga di wilayah timur. Hanya saja, menurutnya, hal itu harus diimbangi dengan upaya mendapatkan pasokan air baku ke IPA Kudu.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help