KH Bukhori Masruri Wafat, Ini Lagu-lagu Nasida Ria Ciptaannya yang Kondang

KH Bukhori Masruri Wafat, Ini Lagu-lagu Nasida Ria Ciptaannya yang Kondang di era 1980 hingga kini

KH Bukhori Masruri Wafat, Ini Lagu-lagu Nasida Ria Ciptaannya yang Kondang
youtube
KH Bukhori Masruri Wafat, Ini Lagu-lagu Nasida Ria Ciptaannya yang Kondang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Indonesia kembali berduka. Seorang kiai yang juga pencipta lagu Nasida Ria di Kota Semarang meninggal dunia. Adalah KH Ahmad Bukhori Masruri pencipta Nasida Ria yang terkenal di era 80, telah meninggal dunia, Kamis 17 Mei 2018 sekitar pukul 08.30 di Semarang atau awal Ramadan 1439H.

Kiai Bukhori demikian biasa disapa, alumni Ponpes Sarang Rembang tahun 1960-1966. Dia sering mengisi pengajian di pesantren maupun tempat umum.

Dalam penyampaian pengajian, Kyai Buchori sering menggunakan bahasa jawa halus. Ribuan jemaah pengajian sering dibuat terpingkal-pingkal oleh lelucon Kiai Bukhori yang tinggal di Kota Semarang.

"Kalau santri terpaksa jadi bupati, atau walikota itu namanya berbelok. Tentunya santri selayaknya jadi kiai, jadi pembimbing dan pembina umat. Seperti saya ini juga menggok (berbelok) karena pulang dari pesantren di Rembang ke Semarang jadi pencipta lagu," kata Kiai Buchori dalam suatu pengajian alumni Ponpes di Sarang Rembang.

Kiai Bukhori juga mantan Ketua PWNU Jawa Tengah.

Muballigh kondang ini juga sering mengisi pengajian di beberapa kota besar di Indonesia. Bahkan sempat tinggal di Jakarta. Jenazah KH Bukhori akan dimakamkan di Semarang Kamis.

KH Bukhori pernah nyantri pada KH Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, Rais Aam PBNU 1981-1984. Pada tahun 2016, Kiai Bukhori menjadi penceramah dalam haul ke-27 KH Ali Maksum.

Lagu-lagu Nasida Ria ciptaan KH Bukhori antara lain Perdamaian, Dunia Dalam Berita, Damailah Palestina, Tahun 2000, Merdeka, Membangun, Mesjid Tua, Wartawan Ratu Dunia, dan sebagainya. Dalam kaset lagu-lagu Nasida Ria, nama KH Bukhori sengaja disamarkan menjadi Abu Ali Haidar. Nama itu yang tertulis di cover kaset, zaman belum ada CD atau USB. 0

Jenazah KH Bukhori saat ini dalam perjalanan dari RS Sultan Agung ke rumah duka di Jalan Perum Bumi Wanamukti blok F3 No 5 Kota Semarang. (wid)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help