Paskagempa, Pengungsi Dusun Kebakalan Kalibening Pulang, Aktivitas Warga Mulai Normal

Seratusan Kepala Keluarga (KK) terdampak gempa dusun Kebakalan Desa Kertosari Kalibening telah kembali ke kampung mereka

Paskagempa, Pengungsi Dusun Kebakalan Kalibening Pulang, Aktivitas Warga Mulai Normal
TRIBUN JATENG/KHOIRUL MUZAKKI
Warga membongkar rumah bersama relawan di Dusun Kebakalan, Desa Kertosari, Kalibening, Banjarnegara, yang hancur karena gempa, Senin (30/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Seratusan Kepala Keluarga (KK) terdampak gempa dusun Kebakalan Desa Kertosari Kalibening telah kembali ke kampung mereka.

Kendati demikian, bukan berarti mereka kembali ke rumah masing-masing. Rata-rata rumah di dusun itu rusak sedang hingga berat atau ambruk sehingga tak layak ditempati.

Para pengungsi ini tetap tinggal di tenda-tenda yang didirikan di pekarangan dekat tempat tinggal mereka.

Warga Kebakalan Dakim mengatakan, warga memilih kembali ke dusun agar bisa dekat dengan tempat tinggal. Meskipun rumah mereka tetap saja tidak bisa ditinggali.

Sebelumnya, warga dusun Kebakalan yang terdampak paling parah ini mengungsi di desa tetangga, Desa Sidakangen Kalibening.

"Warga kembali ke Kebakalan, sudah agak tenang sedikit sekarang, gak seperti dulu,"kata Dakim, pengungsi warga Kebakalan, Kamis (17/5)

Tidak semua warga kembali ke dusun. Menurut Dakim, masih ada sekitar 10 KK yang masih memilih bertahan di posko pengungsian Sidakangen.

Selain itu, sekitar 10 KK memutuskan menempati kembali rumahnya. Mereka menganggap rumahnya masih aman ditempati karena hanya mengalami kerusakan ringan.

Dakim mengatakan, rasa trauma warga terhadap gempa sudah mulai berkurang seiring berjalannya waktu.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help