Selama Dua Hari, Para Siswa SD Labschool Unnes Ini Dilatih Jadi Dokter Gigi

Puluhan siswa (peserta didik) SD Labschool Unnes selama dua hari kemarin, Selasa (15/5/2018) dan Rabu (16/5/2018) mengikuti pelatihan

Selama Dua Hari, Para Siswa SD Labschool Unnes Ini Dilatih Jadi Dokter Gigi
DOKUMENTASI SD LABSCHOOL UNNES

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Puluhan siswa (peserta didik) SD Labschool Unnes selama dua hari kemarin, Selasa (15/5/2018) dan Rabu (16/5/2018) mengikuti pelatihan menjadi dokter gigi kecil.

Pelatihan yang dilaksanakan di kompleks SD Labschool Unnes Jalan Menoreh Tengah X Nomor 4 Sampangan Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang itu dilakukan para mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang (FKG Unimus).

“Kegiatan yang telah kami laksanakan itu sebenarnya adalah bagian dari tindaklanjut jalinan kemitraan antara SD Labschool Unnes dengan Unimus. Pesertanya, seluruh siswa kelas 3 hingga kelas 5,” kata Bagian Humas SD Labschool Unnes Dika Prestama kepada Tribunjateng.com, Kamis (17/5/2018).

Dijumpai di kantornya, Dika mengutarakan, bagi peserta didik kelas 3, pelatihan menjadi dokter gigi kecil tersebut merupakan pengalaman kali pertama mereka. Sedangkan siswa kelas 4 dan kelas 5, itu merupakan kali keduanya.

“Dari seluruh kelas, kami bagi menjadi 4 kelompok. Hari pertama, mereka peroleh bekal tentang kebersihan dan kesehatan gigi maupun mulut pribadi. Lalu ada materi tentang anatomi gigi serta fungsi-fungsinya,” jelasnya.

Dia menambahkan, di hari pertama juga, para siswa diinformasikan tentang kategori makanan maupun minuman yang baik serta kurang baik untuk kesehatan gigi serta mulut. Praktiknya, seluruh kelompok diajak tentang cara menyikat gigi serta menggunakan benang gigi.

“Hari kedua, mereka peroleh materi seperti jenis penyakit gigi serta mulut. Jenis tanaman obat yang bisa dipergunakan untuk mencegah serta mengobati penyakit gigi ataupun mulut,” jelasnya.

Dan sebagai penutup rangkaian pelatihan selama dua hari itu, lanjutnya, para siswa dilatih tata cara pencatatan penyakit gigi untuk Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) yang telah tersedia di SD Labschool Unnes serta terakhir yakni bercocok tanam tanaman toga bersama.

“Asyik. Saya jadi tahu cara menjaga kebersihan gigi dan mulut. Jadi tahu juga ternyata ada cukup banyak yang bisa merusak gigi kalau tidak diimbangi dengan cara membersihkannya seperti makan permen,” tutur siswi kelas 3 SD Labschool Unnes, Quinsha. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help