Wali Kota Solo Pecah Kendi Peluncuran Kereta Api Solo Ekspres

PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi meluncurkan KA Solo Ekspres relasi Solo Balapan-Yogyakarta-Kutoarjo.

Wali Kota Solo Pecah Kendi Peluncuran Kereta Api Solo Ekspres
Tribun jateng/akbar hari mukti
Wali Kota Rudy dan jajaran PT KAI mengecek Kereta Api Solo Ekspress di Stasiun Solo Balapan, Kamis (17/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi meluncurkan KA Solo Ekspres relasi Solo Balapan-Yogyakarta-Kutoarjo.

Adapun pada peresmian ini ditandai pemotongan pita dan pemecahan kendi oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, di Stasiun Solo Balapan, Kamis (17/5).

Ikut mendampingi, Direktur Operasi Slamet Suseno, Plt Komisaris Utama PT KAI Suhono Harso Supangkat dan EVP Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto.

Plt Komisaris Utama PT KAI Suhono Harso Supangkat mengatakan, KA Solo Ekspres ini melayani rute Solo Yogyakarta-Kutoarjo, serta sebaliknya, dalam sehari sebanyak 2 perjalanan.

Yakni pada pukul 8.40 dan 15.40.
Sedangkan dari Kutoarjo, kereta ini berangkat pukul 11.15 dan 18.25 WIB.

Ia mengatakan, KA Solo Ekspres terdiri dari 4 gerbong yang merupakan train set dioperasikan untuk menghubungkan Bandara Internasional Adi Soemarmo dengan Stasiun Solo Balapan.

Namun karena jalur rel belum jadi, KA buaya PT INKA Madiun dengan kapasitas 393 penumpang tersebut dimanfaatkan untuk membantu layanan KA Prameks.

Ia pun menerangkan, pihaknya akan berlakukan tarif Rp0 dalam launching kereta ini hingga empat hari ke depan, atau sampai 21 Mei 2018 mendatang.

Untuk selanjutnya, pihaknya akan berlakukan tiket seharga Rp 30 ribu untuk Solo-Yogyakarta, dan Rp 40 ribu untuk rute Solo-Kutoarjo.

"Dengan pengoperasian KA Solo Ekspres ini kami berharap bisa memberikan pelayanan terbaik di bidang transportasi kepada masyarakat," urainya.

Wali Kota Rudy, menambahkan bila Solo adalah pasar potensi tujuan wisata.
Apa yang dilakukan PT KAI menurutnya sebagai langkah baik.

"Hal ini sesuai anjuran pemerintah untuk memberikan transportasi umum yang nyaman dan berkualitas. Paling tidak saat ini orang Kutoarjo kalau mau ke Solo tak perlu naik bus, cukup naik kereta ini sudah sampai," jelasnya.

Rudy pun berharap KA Solo Ekspres membawa dampak positif bagi Solo, dan kota tujuan lainnya.
Rudy juga menginginkan KA perintis relasi Solo-Wonogiri bisa lebih dinikmati warga.

"Saya ingin KA perintis Solo-Wonogiri bisa berhenti di beberapa titik obyek wisata di Solo. Jika diberlakukan, nanti bisa dibangun stasiun atau ada halte kecil si Sriwedari, Museum Batik, Kraton atau Pasar Klewer," ungkap dia. (Ahm)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved