Cipta Kondusif Bulan Ramadhan, Aparat Gabungan di Batang Operasi Tempat Hiburan

Operasi tersebut merupakan tindaklanjut atas himbauan surat edaran pengaturan jam operasional tempat hiburan selama bulan suci ramadhan.

Cipta Kondusif Bulan Ramadhan, Aparat Gabungan di Batang Operasi Tempat Hiburan
dina indriani
Aparat gabungan yang terdiri dari Kepolisian Resort Batang, TNI Kodim 0736/Batang, dan Satuan Polisi Pamong Praja, serta Dinas Pariwisata menggelar operasi tempat hiburan, Jumat (18/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani.

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Untuk menjaga suasana kondusif selama bulan Ramadhan 1439 H dan lebaran 2018, aparat gabungan yang terdiri dari Kepolisian Resort Batang, TNI Kodim 0736/Batang, dan Satuan Polisi Pamong Praja, serta Dinas Pariwisata menggelar operasi tempat hiburan, Jumat (18/5/2018).

Operasi tersebut merupakan tindaklanjut atas himbauan surat edaran pengaturan jam operasional tempat hiburan selama bulan suci ramadhan.

"Kita atur jam operasional bagi usaha Panti Pijat Tradisional, Karaoke dan Bilyard pada H- bulan puasa sampai hari ke 4 puasa tutup tota. Pertama kita peringatkan dan apabila tidak mengindahkan pelanggaranya, kita akan beri memberikan sanksi administrasi dengan mencabut ijin operasional," tutur Sekertaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Suprayitno.

Suprayitno menjelaskan bahwa untuk jam operasional hari kelima puasa sampai dengan H-4 lebaran siang hari tutup total, malam hari buka mulai jam 20.00 sampai dengan 24.00 WIB, dan Lebaran H-3 sampai dengan H+3 Lebaran tutup total.

"Saya harap personil yang terlibat dalam usaha harus menjaga norma dan sopan santun dalam berpakaian, bagi usaha rumah makan warung makan siang hari dapat beroperasional dengan catatan harus menjaga ketertiban dan norma - norma dalam suasana ibadah puasa dengan menggunakan penutup tirai agar aktifitas di dalam tidak terlihat masyarakat umum," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Destinasi dan Usaha Bidang Pariwisata Rasmuji mengatakan bahwa Karaoke berijin di Kabupaten Batang hampir suamnya sudah habis, dan tidak bisa melakukan perpanjangan ijin dikarenakan di undangkanya Perda No. 9 Tahun 2016 tentang penyelenggara usaha hiburan.

Adapun jumlah tempat karaoke yang berijin namun sudah habis ijin ada 24 tempat, dan yang masih berlaku ada 10 tempat karaoke.

" Dalam Perda telah diatur No.9 tahun 2016 pasal 9 bahwa lokasi dan zona tertentu yang diperuntukkan bagi tempat usaha hiburan harus jauh dari rumah ibadah, tempat pendidikan, pemukiman dan perkantoran, dengan jarak paling sedikit 1000 meter," tambahnya.

Pemkab bersama Kepolisian dan TNI akan terus meningkatkan pengawasan dan pencegahan terhadap kegiatan perjudian, prostitusi, minuman keras dan peredaran narkotika serta obat - obatan terlarang.

"Kalau memang pelaku usaha tidak mengindahkan surat edaran akan kita tidak tegas," tandasnya. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help