Dipetik dari Pohon Aren, Begini Buah Kolang Kaling Dihasilkan

Hampir semua bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan karena memiliki nilai ekonomi, termasuk buahnya

Dipetik dari Pohon Aren, Begini Buah Kolang Kaling Dihasilkan
Tribunjateng.com/Khoirul Muzaki
Petani memikul buah kolang kaling mentah dari kebun ke pinggir jalan raya Karangkobar Banjarnegara sebelum diangkut mobil 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Kolang-kaling kerap dijadikan sebagai bahan campuran untuk makanan atau minuman segar, semisal manisan, kolak, es campur hingga wedang Ronde.

Buah itu selalu diburu masyarakat dan meramaikan isi lapak pedagang saat Ramadan. Tak banyak yang tahu, darimana buah itu dihasilkan.

Kolang kaling
Kolang kaling 

Ada proses panjang hingga buah itu sampai di tangan pembeli yang siap untuk disantap. Di situ, tangan-tangan kuat petani desa ikut terlibat.

Di pegunungan Serayu utara Banjarnegara, pohon Aren masih banyak tumbuh di kebun-kebun milik warga. Dari pohon yang tinggi menjulang itu, buah kolang-kaling dihasilkan.

Hampir semua bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan karena memiliki nilai ekonomi, termasuk buahnya.

Sutikno dan tiga temannya, warga Desa Sampang Kecamatan Karangkobar rehat sebentar usai menyelesaikan sebagian pekerjaannya. Keringat yang menggenangi kulit legamnya menunjukkan betapa keras mata pencahariannya.

Pekerjaan paling berat adalah memindahkan kolang-kaling mentah itu dari pohon hingga pinggir jalan raya.

Mereka harus mampu menaklukkan jalan setapak hutan yang berliku dan terjal. Sementara pundak mereka harus memikul beban kolang kaling yang cukup berat. Keseimbangan tubuh harus selalu terjaga agar tidak terhuyung atau jatuh ke jurang.

"Membawanya berat. Kalau gak yang terbiasa, susah,"katanya, Jumat (18/5)

Petani memikul buah kolang kaling mentah dari kebun ke pinggir jalan raya Karangkobar Banjarnegara sebelum diangkut mobil
Petani memikul buah kolang kaling mentah dari kebun ke pinggir jalan raya Karangkobar Banjarnegara sebelum diangkut mobil (Tribunjateng.com/Khoirul Muzaki)
Halaman
123
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help