Eko Guru SMAN 2 Merauke Raih Juara III Olimpade Guru Nasional 2018

Eko Ari Prabowo Guru SMAN 2 Merauke Raih Juara III Olimpade Guru Nasional 2018 yang digelar 3-7 Mei di Lombok NTB

Eko Guru SMAN 2 Merauke Raih Juara III Olimpade Guru Nasional 2018
tribunjateng/ist
Eko Ari Prabowo Guru SMAN 2 Merauke Raih Juara III Olimpade Guru Nasional 2018 yang digelar 3-7 Mei di Lombok NTB 

TRIBUNJATENG.COM, MERAUKE - Perjuangan, kerja keras, ikhlas memberi dan doa, merupakan prinsip hidup Eko Ari Prabowo, SS, seorang guru di SMA Negeri 2 Merauke, Provinsi Papua.

Dia berhasil meraih Juara III Olimpiade Guru Nasional Pendidikan Menengah tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Lombok, Mataram NTB tanggal 3-7 Mei 2018.

Keberhasilan Guru mapel Bahasa Indonesia ini setelah bisa mengalahkan 20 finalis pada babak final yang diadakan di Hotel Lombok Raya, Mataram.

Sebelum mencapai final, Eko Ari Prabowo, harus melewati babak penyisihan secara online mengalahkan kurang lebih 1,725 guru bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK seluruh Indonesia.

Pada babak penyisihan, para peserta harus mengerjakan tes tertulis sebanyak 100 soal selama 2 jam yang dikerjakan secara online.

Dari hasil tersebut, dilihat batas nilai untuk mencapai babak final.

Jadi bukan ditentukan perwakilan tiap provinsi, namun berdasarkan peringkat nilai yang didapat, sehingga tiap provinsi bisa meloloskan lebih dari satu finalis, seperti Jawa Tengah dan Jawa timur yang meloloskan 3 sampai 4 finalis. Sedangkan untuk provinsi Papua, hanya Eko Ari Prabowo yang lolos sebagai finalis.

Saat babak final dia harus kerja keras, karena membawa nama kabupaten Merauke dan Provinsi Papua.

Apalagi pada OGN tahun lalu, perwakilan provinsi Papua meraih peringkat 6.

Eko khawatir tidak dapat memperbaiki peringkat yang diraih oleh temannya itu.

Namun, dengan penuh keyakinan, Eko berhasil menepis kekhawatiran tersebut.

Perhelatan OGN jenjang pendidikan menengah ini merupakan kegiatan tahunan dan pada tahun ini Provinsi Papua mendapat berkah, karena salah satu gurunya berhasil membawa nama harum provinsi tersebut.

Sebagai jaura III Olimpiade Guru Nasional 2018, Eko Ari mendapat hadiah berupa medali perunggu, laptop, dan uang pembinaan sebesar Rp 15 juta.

Eko berharap teman-teman guru di Papua, dapat termotivasi untuk mengikuti kegiatan tingkat nasional seperti ini agar membuktikan bahwa kualitas guru-guru di tanah Papua tidak kalah dibanding guru-guru di daerah lain. (Ditulis oleh Eko Ari Prabowo guru di SMAN 2 Merauke)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help