Pilkada 2018

Pelantikan Sekda Kudus Tinggal Tunggu Restu Kemendagri

“Tiga nama yang disetorkan oleh panitia seleksi yakni Sam’ani Intakoris (Kepala Dinas PUPR Kudus), Agus Budi Satrio

Pelantikan Sekda Kudus Tinggal Tunggu Restu Kemendagri
tribunjateng/dwi layla/dok
Bupati Musthofa lantik Malkan sebagai Kepala Desa 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Pelantikan Sekda Kabupaten Kudus masih menunggu restu dari Kementerin Dalam Negeri (Kemendagri). Sebab, bagi Kepala Daerah yang di daerahya terdapat Pilkada tidak berhak melantik pejabat kecuali atas restu Kemendagri.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus Joko Triyono mengatakan, sejauh ini proses seleksi Sekda telah usai. Dari panitia seleksi telah mengusulkan tiga nama mulai ke Gubernur, ke Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN), bahkan sampai ke Kemendagri.

“Tiga nama yang disetorkan oleh panitia seleksi yakni Sam’ani Intakoris (Kepala Dinas PUPR Kudus), Agus Budi Satrio (Asisten I Pemkab Kudus), dan Nur Hayati (Kepala Dinsos Tegal),” ujar Joko kepada Tribunjateng.com, Jumat (18/5/2018).

Dia mengatakan, sampai saat ini restu pelantikan dari Kemendagri masih belum turun. Berdasarkan Undang-undang tentang Pilkada pasal 71, kata dia, bahwa pejabat tidak bisa melantik sebelum atau sesudah Pilkada tanpa ada restu dari Kemendagri.

“Berdasarkan Undang-undang Pilkada. Makanya, jika belum ada perintah dari Kemendagri, maka tidak bisa dilantik Sekdanya,” ujarnya.

Hingga mengerucut menjadi tiga nama, sebelumnya ada empat nama yang mendaftar sebagai Sekda. Selain tiga nama yang disebutkan di atas, ada satu lagi yakni Mas’ud yang menjabat sebagai Asisten III Pemkab Kudus. Mereka juga telah mengikuti seleksi. Mulai dari administrasi sampai assesmen.

Saat ini, jabatan Sekda Kudus diisi oleh Penjabat Sekda Sudjatmiko. Dia merangkap menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kudus. Dia menjabat sejak Noor Yasin pensiun sebagai Sekda pada 1 Februai 2018 lalu. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help