Ramadan 2018

Tim Satgas Polda Jateng Pantau Harga-harga Bahan Pokok

Tim Satgas Pangan Polda Jateng terus memantau harga-harga bahan pokok selama bulan Ramadan

Tim Satgas Polda Jateng Pantau Harga-harga Bahan Pokok
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Sejumlah bahan kebutuhan pokok 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tim Satgas Pangan Polda Jateng terus memantau harga-harga bahan pokok selama bulan Ramadan. Upaya itu dilakukan untuk menjaga agar harga bahan pokok tetap stabil jelan hari raya Idul Fitri.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono menjelaskan, satgas pangan terdiri dari beberapa instansi mulai dari Ditreskrimsus Polda Jateng, Dinperindag, hingga Bulog. Ia telah menginstruksikan untuk kembali bersinergi setelah Idul Fitri tahun lalu.

"Kemarin mereka telah melakukan koordinasi internal untuk memonitor harga di beberapa pasar tradisional," terang Condro Kirono saat ditemui di Mapolda Jateng, Jumat (18/5/2018).

Saat terjadi lonjakan harga bahan pokok mereka akan mencari tahu penyebabnya. Condro menjelaskan, selama ini kenaikan harga jelang Ramadan ada beberapa faktor dan tidak selalu dikarenakan penimbunan.

"Kenaikan harga itu biasanya apa karena distribusi terhambat, apa memang ada kelangkaan karena produksi yang minim, atau bisa juga karena penimbunan, nah nanti tim ini akan mencari tahu jika ada kenaikan harga," terang Condro.

Setelah penyebabnya diketahui anggota satgas yang merupakan lintas instansi itu akan menentukan langkah-langkah penurunan harga.

"Kalau memang ada penimbunan ya Ditkrimsus nantinya yang akan bergerak dan menindak tegas," tandas Condro.

Meski demikian ia akan memaksimalkan upaya imbauan dan pencegahan. Ia mencontohkan beberapa waktu lalu telah mengundang para pengusaha untuk mendapatkan imbauan di Polda Jateng.

"Kami panggil pengusaha beras, minyak, bawang, gula, kami imbau dan ajak mereka untuk minimal menjaga harga tidak naik. Kami tegaskan bahwa lebaran ini waktunya berbagi syukur-syukur bisa lebih murah dari bulan biasa," terang Condro.

Selain itu, tim satgas pangan yang turun di pasar-pasar juga diminta untuk mengimbau masyarakat untuk tidak memborong bahan pokok dan belanja melebihi kebutuhan normal.

"Jadi agar suasana tidak panas kami tegaskan bahan pokok cukup dan akan tersedia hingga lebaran, sehingga kalau beli ya untuk kebutuhan secukupnya saja tidak usah ikut memborong dan sebagainya," pungkas Condro. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help