Tim Mahasiswa FIK Unissula Semarang Juara KTI dan Poster Nasional

Tim mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula Semarang menjadi juara Pekan Ilmiah Keperawatan Tingkat Nasional

Tim Mahasiswa FIK Unissula Semarang Juara KTI dan Poster Nasional
ISTIMEWA
Tim Mahasiswa FIK Unissula Juara KTI dan Poster Nasional 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tim mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung (FIK Unissula) Semarang menjadi juara Pekan Ilmiah Keperawatan Tingkat Nasional yang digelar di Universitas Tanjungpura Pontianak Provinsi Kalimantan Barat pada 11 hingga 14 Mei 2018 lalu.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh Tribunjateng.com, Rabu (23/5/2018), pada kompetisi tingkat nasional bertajuk Continum Care of Critical Care tersebut, Elvi Khofshoh dan Kamelia Awali Putri meraih Juara III Cabang Karya Tulis Ilmiah.

Dalam cabang itu, keduanya mengangkat tentang Apekmatis. Itu adalah alat pemijat ekstremitas otomatis sebagai alternatif relaksasi pasien ICU bervertilitator. 

“Pasien ICU itu rata-rata memiliki rasa stress karena tidak ada mobilitas,” kata Evi.

Karena itu, lanjut Evi dalam keterangannya, untuk mengurangi rasa stress tersebut pihaknya menawarkan ide melalui teknik relaksasi pijat menggunakan alat bernama Apekmatis tersebut.

Alat tersebut di dalamnya telah dilengkapi chip dan infrared.

“Dan alat itu bisa diatur melalui timer. Berkait kompetisi itu, aspek penilaian adalah 60 persen pada sistematika penulisan dan 40 persen presentasi. Adapun tahapannya, kami sebelumnya ada seleksi dan kami terpilih atau masuk di 5 besar untuk babak finalnya di Pontianak tersebut,” ucapnya.

Selain Juara III Lomba KTI, tim Unissula melalui Ahmad Wahyu Ubaidillah, Elsa Nur Aviana, serta Dwi Eni Kurniawati pun meraih Juara II Cabang Poster Nasional.

Poster itu berjudul Distress Spiritual pada Keluarga Pasien ICU.

“Melalui poster itu, kami menawarkan metode one minute awareness. Bertujuan memberikan support kepada keluarga pasien agar memotivasi pasien ICU. Semoga dari yang kami peroleh itu bisa bertahap di kompetisi berikutnya,” kata Wahyu Ubaidillah.

Terpisah, Wakil Dekan I Bidang Akademik FIK Unissula Ns Hj Sri Wahyuni berbangga atas prestasi yang diperoleh para mahasiswanya. 

Pihaknya bersyukur dan berharap even tahunan yang diselenggarakan itu bisa dipertahankan ke depannya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help