PROFIL: Farah Luthfi Oktarina Terbantu dengan Aplikasi Muslim Pro

Saat mengunduh aplikasi ini beberapa bulan yang lalu, ia mengatakan cukup terbantu dengan aplikasi ini.

PROFIL: Farah Luthfi Oktarina Terbantu dengan Aplikasi Muslim Pro
faisal affan

TRIBUNJATENG.COM -  Perkembangan era digital tidak saja menimbulkan menjamurnya berbagai game, yang ada di sistem operasi Android maupun iPhone. Melainkan, juga berbagai aplikasi yang bisa membantu kehidupan penggunannya.

Satu di antaranya aplikasi Muslim Pro, yang digunakan Farah Luthfi Oktarina (21). Saat mengunduh aplikasi ini beberapa bulan yang lalu, ia mengatakan cukup terbantu dengan aplikasi ini.

"Saya terbantu karena fiturnya sangat lengkap. Tidak hanya ada Alquran digital lengkap dengan suara, ada juga waktu salat, kompas untuk menunjukan kiblat, daftar doa-doa, daftar masjid di sekitar saya, kalender hijriyah, pelacak puasa, syahadat, kalkulasi zakat, live streaming dari Mekkah, dan masih banyak lagi," tuturnya.

Dari beberapa fitur yang tersemat dalam aplikasi, Farah justru lebih suka dengan fitur pelacak puasa. Ini membantunya ketika sedang kedatangan tamu bulanan, dan bisa menjadi pengingat berapa hari ia tidak menjalankan puasa Ramadan.

Supaya dikemudian hari, ia bisa menggantinya sesuai jumlah puasa yang ditinggalkan. Selain itu, ada lagi fitur kiblat yang sangat membantunya saat sedang jalan-jalan atau mendaki gunung.

"Di sana kita tidak bisa menemukan masjid, maka fitur ini sangat penting buat saya ketika berpergian atau naik gunung. Visualiasinya mirip dengan kompas, tapi arahnya menuju kiblat. Satu lagi yang saya sukai, fitur tasbih. Caranya tinggal geser ke kanan atau ke kiri, maka otomatis akan terhitung jumlahnya," ucapnya.

Dari sekian aplikasi serupa di jagat maya, alasan Farah menggunakan aplikasi ini karena fitur waktu salatnya paling akurat. Bahkan, saat Farah berada dimanapun, waktu salat yang diberikan sesuai dengan lokasi dirinya berada.

Bahasa dalam aplikasi tersebut juga bisa dipilih. Maka tak heran, jika bukan umat muslim dari Indonesia saja yang menggunakan aplikasi ini. Bahkan dari belahan dunia lain juga menggunakannya.

"Saya melihat ada 50 juta umat muslim di dunia menggunakan aplikasi ini. Saya menilai dari angka unduhan yang tercantum di halaman beranda pembuat aplikasi ini di Play Store. Selain itu, rata-rata pengguna memberikan nilai lima bintang kepada pengembang aplikasi ini. Itu yang membuat saya terus menggunakannya," beber alumni Udinus ini.(*)

Penulis: faisal affan
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved