Begini Gagasan Ganjar Pranowo Antisipasi Kecelakaan Truk Rem Blong

Ganjar Pranowo menyatakan belum lama ini bertemu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Begini Gagasan Ganjar Pranowo Antisipasi Kecelakaan Truk Rem Blong
TRIBUN JATENG/DANIEL ARI P
Ganjar Pranowo menghadiri Ngopi Bareng di Desa Banjaranyar, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Sabtu (26/5/2018) jelang tengah malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Daniel Ari Purnomo

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Calon gubernur Ganjar Pranowo mengatakan sempat galau ketika mengetahui kabar kecelakaan truk rem blong di Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, belum lama ini.

Alumnus UGM itu berujar ada banyak orang melaporkan kejadian itu sekaligus memintanya segera bertindak.

"Gimana ini Pak Ganjar? Ya gak tahu, wong remnya blong. Kalau blong mesti celaka. Terus tindakannya apa, Pak? Ya saya lagi cuti tuh. Kalau bertindak, nanti salah," kata dia saat Ngopi Bareng di Desa Banjaranyar, Kecamatan Sokaraja, Banyumas, Sabtu (26/5/2018) jelang tengah malam.

Lalu apa yang dipikirkan Ganjar?

Dia berujar, belum lama ini bertemu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ganjar mengusulkan jembatan timbang dihidupkan lagi di beberapa titik penting.

"Dulu yang saya tutup itu hanya tempat-tempat (jembatan timbang) yang kurang ajar. Tidak ditutup semuanya. Agar tetap bisa dikontrol, minimal pintu masuk pintu keluarnya jauhkan," bebernya.

Alternarif lain, sambung Ganjar, Kementerian Perhubungan perlu menyediakan jembatan timbang portabel, yang bisa dipindahkan.

"Yang di dalam kota, itu pintu masuk dimana material-material diangkut dan itu berat-berat. Titiknya sebenarnya kita sudah tahu. Tinggal eksekusi," jelas Ganjar.

Dalam penyelidikan polisi, diketahui bahwa rem truk maut itu tidak blong.

Namun, ide Ganjar justru menjadi lebih relevan karena polisi mengumumkan bahwa muatan truk berlebih sehingga sopir tak mampu mengendalikan kendaraan di jalan menurun. (*)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help