SMP Mataram Pentaskan Kesenian Tionghoa-Jawa Saat Pelepasan Siswa

Sebagai sekolah yang dihuni siswa dari beberapa etnis mereka menyajikan pentas budaya Tionghoa dan Jawa

SMP Mataram Pentaskan Kesenian Tionghoa-Jawa Saat Pelepasan Siswa
Istimewa
Siswa dari etnis Tionghoa mementaskan Tari Terangwulan di Vina House Semarang, Senin (28/5/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ada yang unik dari kegiatan pelepasan siswa kelas sembilan SMP Mataram Semarang di Vina House, Senin (28/5/2018) kemarin.

Sebagai sekolah yang dihuni siswa dari beberapa etnis mereka menyajikan pentas budaya Tionghoa dan Jawa.

Ada beragam pentas mulai barongsai, liong, tari terangwulan, tari gambyong, hingga pentas bercerita dalam bahasa mandarin dan jawa. Beraneka ragam pertunjukan itu ditampilkan oleh guru dan murid dari siang hingga menjelang berbuka.

"Awal berdiri, sekolah Mataram memang sekolah Tionghoa, sehingga unsur chinese memang sangat kental, namun seiring waktu berjalan banyak juga etnis lain terutama Jawa yang sekolah di sini," terang Ketua Panitia Kegiatan, Adji Bagus Panuntun dalam press release.

Kini presentase siswa etnis Tiongkok dan Jawa sekitar 40 banding 60 persen. Oleh karena itu, dalam perpisahan kali ini mereka mengkonsep pentas lintas budaya sebagai wujud keberagaman yang seirama di sekolah tersebut.

"Kami ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa keberagaman etnis bukan penghalang untuk tetap bisa mewujudkan tujuan bersama khususnya dalam hal pendidikan dan pelestarian budaya," terang Adji lebih lanjut.

Dalam kegiatan yang dihadiri orang tua siswa itupun berjalan dengan meriah, dan tertib. Meski ada sebagian mereka yang menjalankan ibadah puasa dan sebagian tidak.

"Tamu yang tidak berpuasa kami sediakan makanan ringan, yang berpuasa kami siapkan santapan buka bersama, begitu juga saat jeda salat ashar, sebagian menunggu dan menghormati mereka yang akan menjalankan ibadah," imbuh Adji.

Tahun ini, sekolahnya meluluskan sebanyak 76 siswa dari tiga kelas. Mayoritas lulusan sekolah tersebut melanjutkan ke SMK Negeri dan SMK Mataram, Semarang. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help