Jelang Lebaran Tangkapan Ikan Nelayan Batang Melimpah

Berdasarkan data statistik dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia, memasuki akhir mei tangkapan ikan di wilayah Kabupaten Batang meningkat.

Jelang Lebaran Tangkapan Ikan Nelayan Batang Melimpah
dina indriani
TPI di Batang 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani.

TRIBUNJATENG.COM,BATANG- Berdasarkan data statistik dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia, memasuki akhir mei tangkapan ikan di wilayah Kabupaten Batang meningkat.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia, Teguh Tarmujo, Rabu (30/5/2018).

Dikatakannya aktifitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Klidanglor saat ini juga meningkat.

"Dari hasil tangkapan nelayan cenderung cukup meningkat, sehingga aktifitas di TPI pun juga meningkat memang cuaca saat ini sedang bagus," tuturnya.

Nelayan di Batang
Nelayan di Batang (dina indriani)

Adapun tempat sandar kapal nelayan dibagi menjadi dua yaitu lokal dan pendatang dari yang menggunakan cantrang maupun pancing, jumlah nelayan lokal ada ratusan sedangkan nelayan pendatang biasanya dari demak pemalang rembang banya masuk nandon ke sini hampir 150an kapal.

Melihat peningkatan tangkapan ikan yang dihasilkan dan cuaca yang baik, Teguh memprediksi pada H-7 lebaran hasil tangkapan ikan semakin meningkat dan melimpah.

"Melihat kondisi peningkatan hasil tangkapan ikan dan bebarengan dengan bulan puasa prediksinya H-7 lebaran banyak nelayan yang berbondong-bondong datang dan menghasilkan ikan yang melimpah," tuturnya.

Sementara itu, Nahkoda Kapal KM Surya Sinar Abadi pendatang dari Jepara, Aswardi mengatakan bahwa saat ini cuaca sedang bagus sehingga pas untuk melaut.

"Kalau cuacanya saat ini masih bagus, jadi pas untuk melaut, 35 hari melaut kami dapat 7 ton ikan," pungkasnya. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved