Mudik Lebaran

Kemenhub Akan Gelar Simulasi Tol Semarang-Batang untuk Pemetaan Jalur Pemudik

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan pengecekan pembangunan jalan tol Semarang-Batang melalui simulasi penyusuran jalan.

Kemenhub Akan Gelar Simulasi Tol Semarang-Batang untuk Pemetaan Jalur Pemudik
Tribun Jateng/Budi Susanto
Kondisi terkini Jalan Tol Batang-Semarang yang bisa digunakan digunakan sebagai jalan alternatif oleh para Pemudik saat Lebaran selain Jalur Pantura, Sabtu (19/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan pengecekan pembangunan jalan tol Semarang-Batang melalui simulasi penyusuran jalan. Hal itu dilakukan untuk memastikan jika ruas tol Semarang-Batang benar-benar aman untuk difungsionalkan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi mengatakan, dalam simulasi penyusuran jalan tol tersebut nantinya akan dilakukan pemetaan jalur mudik dengan meninjau kondisi riil jalur tol.

"Pekan depan kami akan melakukan simulasi arus mudik di tol fungsional Semarang-Batang, termasuk mengantisipasi belum selesainya sejumlah pekerjaan sekaligus untuk melihat titik-titik kemacetan," katanya, saat meninjau lokasi pembangunan Tol Semarang-Batang, Rabu (30/5/2018).

Tinjauan tersebut, Budi menuturkan, untuk melihat kondisi jalur tol seksi Semarang-Semarang yang dalam proses pengerjaan. Sehingga Kemenhub perlu mencari jalur yang bisa dipakai untuk mengantisipasi kemacetan arus lalulintas saat arus mudik Lebaran nanti.

Budi menjelaskan, selain memetakan titik kemacetan, simulasi itu dilakukan untuk membuat jalur baru di titik jalan tol Semarang-Batang yang belum bisa dilalui karena sejumlah kendala. Sehingga, dengan jalur baru tersebut akan memperlancar arus mudik.

"Contohnya pekerjaan jembatan Kalikutho yang belum selesai dikerjakan dan tidak bisa dilewati. Jadi nanti akan kami berikan jalan keluar ke Arteri Kendal untuk mengatasinya," paparnya.

Budi menambahkan, jajarannya bersama kepolisian juga akan membuat contraflow di jalur-jalur nasional. Petugas akan memasang rambu-rambu petunjuk arah sebelum masuk ke jembatan Kalikutho tersebut. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved