Direktorat Navigasi Penerbangan Verifikasi Menara ATC Bandara Ahmad Yani Baru

Didit menyatakan, bangunan terminal baru ini merupakan kreasi dari putra-putri bangsa. Begitu memasuki terminal, pengunjung akan disodori

Direktorat Navigasi Penerbangan Verifikasi Menara ATC Bandara Ahmad Yani Baru
tribunjateng/hermawan handaka
Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang, 29 Mei 2018. Terminal ini akan beroperasi mulai 6 Juni 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Air Navigasi (Airnav) cabang Semarang telah menguji coba kesiapan menara Air Traffic Control (ATC) di Bandara Ahmad Yani baru.

Uji coba tersebut juga dibarengi dengan proses verifikasi dari Direktorat Navigasi Penerbangan Dirjen Perhubungan Udara.

General Manager, Airnav Cabang Semarang, Yudi Nur Dinuri mengatakan, proses uji coba dan verifikasi dilakukan selama dua hari.Proses uji coba maupun verifikasi ini bertujuan untuk mengetahui apakah alat komunikasi yang digunakan tersebut telah layak beroperasi.

"Persiapan yang kami lakukan adalah menggunakan peralatan baru di menara ATC maupun aPproach control unit. Gedung yang digunakan baru, dan mempersiapkan tenaga maupun fasilitas di tower tersebut," terangnya, Rabu (30/5).

Dikatakannya, proses uji coba dan verifikasi dilakukan dengan mengoperasian dua menara ATC di tower lama maupun baru. Tidak ada ketentuan khusus saat proses uji coba dan verifikasi.

"Ketentuan yang harus dipenuhi adalah nomal, dan layak beroperasi. Kemudian komunikasi dengan pesawat berjalan dengan baik bisa dinyakatakan lolos verifikasi," jelasnya.

Pihaknya mengklaim peralatan yang disiapkan di menara baru ini telah melebihi standar minimal operasional. Menara tersebut tidak akan diverifikasi apabila sesuai dengan standar minimal.

"Karena sudah layak maka dari Jakarta datang untuk melakukan verifikasi," imbuhnya.

Kata dia, hasil penilaian yang dilakukan tim dari Direktorat Navigasi penerbangan langsung dibawa ke Dirjen Perhungan Udara. Pengumuman layak beroperasi atau tidak akan dilaksanakan sebelum Bandara baru beroperasional.

"Nanti kami akan diberitahu ada izin beroperasi. Selain itu, juga ada sertifikasi 171 dan 172 untuk peralatan dan pelayanan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help