Perhatikan Hal Ini Sebagai Tanda-tanda Ban Minta Diganti, Biar Mudik Makin Nyaman

Musim mudik segera tiba dan banyak hal harus dipersiapkan, terutama soal keamanan dan kenyamanan kendaraan.

Perhatikan Hal Ini Sebagai Tanda-tanda Ban Minta Diganti, Biar Mudik Makin Nyaman
ISTIMEWA
TWI (Tread Wear Indicator) pada ban 

TRIBUNJATENG.COM - Musim mudik segera tiba dan banyak hal harus dipersiapkan, terutama soal keamanan dan kenyamanan kendaraan.

Setelah diberikan rekomendasi mengenai beberapa part untuk menambah akomodasi, kali ini GridOto.com ingin merekomendasikan soal waktu penggantian ban yang tepat.

"Cara pertama yang paling tepat, yaitu perhatikan Tread Wear Indicator (TWI). Ini menunjukkan tingkat keausan ban. Jadi bukan pada kebotakan ulirnya" tukas Wibowo Santosa, owner Permaisuri Ban.

Pada bagian ini, tingkat ketebalan menjadi terlihat dan bisa dinilai apakah ban sudah mengalami kebotakan tapak atau belum.

Sayangnya, pemahaman yang terjadi di masyarakat masih banyak kekeliruan jika hanya melihat ulir ban saja yang mengalami kebotakan.

"Apa sih TWI? TWI ini merupakan garis yang berada di dalam ulir ban. Itu berfungsi sebagai indikator kebotakan, kalau sudah menyentuh garis ini tandanya ban sudah harus diganti" imbuh pria yang akrab disapa Bowo ini.

Jangan lihat kebotakan ban dari ulir ban
Jangan lihat kebotakan ban dari ulir ban (ISTIMEWA)

Ia menambahkan bahwa pada ban Michelin biasanya ada bibendumnya atau umumnya ada simbol segitiga.

Selain itu, saat ban sudah dalam kondisi prima perlu juga memerhatikan tekanan angin ban. Jangan sampai terlalu keras apalagi sampai kurang tekanan anginnya.

"Bagaimana sih cara mengetahuinya? Biasanya tiap mobil ada indikator standarnya dan itu wajib diikuti demi keamanan dan kenyamanan berkendara" lanjut Bowo dalam penjelasannya.

Namun, jika ban yang diganti memiliki load indeks berbeda maka Anda perlu perhatikan simbol lain pada ban.

"Ban itu kan selalu ada spesifikasi ukurannya. Coba perhatikan deh, misalnya ukuran ban ini 225/45 R17 lalu ada tulisan 91W. Simbol ini sama enggak dengan ban standar kamu? Kalau misalnya di ban standar kamu tertulis 88W, itu artinya ban penggantinya hanya perlu tekanan angin lebih sedikit dari ban standar. Seandainya terdapat simbol yang sama maka tekanan yang diperlukan pun sama" tutupnya.(*)

Editor: galih permadi
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help