Verifikasi Dukungan Bakal Calon DPD di Kabupaten Semarang hingga 19 Juni 2018

Verifikasi dukungan bakal calon DPD dilakukan KPU Kabupaten Semarang hingga tanggal 19 Juni 2018. Terdapat 1.028 pendukung yang akan didatangi

Verifikasi Dukungan Bakal Calon DPD di Kabupaten Semarang hingga 19 Juni 2018
Tribun Jateng/Deni Setiawan
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Amanda Rizqyana

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Verifikasi dukungan bakal calon DPD dilakukan KPU Kabupaten Semarang hingga tanggal 19 Juni 2018. Terdapat 1.028 pendukung yang akan didatangi petugas KPU.

"Ada 1028 dukungan dari 20 bakal calon DPD yang akan diverifikasi dan didatangi oleh PPK dan PPS," ujar Anggota KPU Kabupaten Semarang Ridlo Pakina pada Kamis (31/5/2018).

Seperti diketahui beberapa waktu lalu dilakukan verifikasi data dukungan, termasuk data dukungan ganda. Namun saat ini dilakukan verifikasi faktual guna membuktikan apakah dukungan ini apakah benar dukungan secara nyata.

Syarat dari verifikasi faktual ini setiap petugas wajib bertemu dengan pendukung bakal calon DPD, kemudian memastikan bahwa pendukung bukan merupakan PNS atau anggota TNI/Polri, serta bukan bagian dari penyelenggara pemilu di bawah KPU dan Bawaslu.

"Serta melihat kesesuaian dengan EKTP atau Surat Keterangan (Suket)," ungkapnya.

Tujuan dilakukannya verifikasi faktual ini untuk melihat keotentikan dukungan pada bakal calon DPD yang diambil secara random sampling.

"Setiap daerah memang berbeda-beda jumlahnya dan dari nama bakal calonnya. Karena pengambilan sampel secara acak dari sistem yang ada di KPU, sehingga pengambilan sampel dalam verifikasi tidak bisa memilih," terang Ridlo.

Dijelaskan pula oleh Moh Taklis selaku anggota Bawaslu Kabupaten Semarang, selama verifikasi jajarannya melakukan pengawasan proses verifikasi KPU Kabupaten Semarang dan jajaran di bawahnya.

"Proses verifikasi kami awasi sesuai regulasi yang ada dari setiap tahapan proses yang ada," kata Talkis.

Selain itu pengawas kecamatan dan desa melakukan pendampingan proses verifikasi dukungan bakal calon DPD.

"Pengawas di lapangan juga mengawasi PPK dan PPS selama proses verifikasi yang secara berkala dilaporlan ke Bawaslu," pungkasnya. (*)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved