Ayo Kunjungi Hang Tuah Fair, Ada 60 Industri Kecil Menengah Sajikan Produk

Ayo Kunjungi Hang Tuah Fair, Ada 60 Industri Kecil Menengah Sajikan Produk di Jalan Hang Tuah, Tegal Barat,

Ayo Kunjungi Hang Tuah Fair, Ada 60 Industri Kecil Menengah Sajikan Produk
tribunjateng/Akhtur Gumilang
Ayo Kunjungi Hang Tuah Fair, Ada 60 Industri Kecil Menengah Sajikan Produk di Jalan Hang Tuah, Tegal Barat, hingga Sabtu (2/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Industri Kecil Menengah (IKM) yang tergabung dalam Asosiasi Perajin Industri Kecil Siap Mengembangkan Ekonomi Tegal (Apik Banget) menggelar Hang Tuah Fair pada Jumat (1/6/2018) malam ini

Hang Tuah Fair ini berlangsung di sepanjang Jalan Hang Tuah, Tegalsari, Tegal Barat, Kota Tegal selama dua hari, hingga Sabtu (2/6/2018).

Acara yang difasilitasi Dinas Tenaga Kerja Dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal ini mulai dibuka jelang berbuka puasa pada pukul 16.00 WIB hingga selesai 21.00 WIB malam.

Kepala Disnakerin Kota Tegal Heru Satyawan mengatakan, pameran IKM ini akan berlangsung lagi pada tanggal 9 dan 10 Juni 2018 mendatang.

"Ini yang pertama. Ada sebanyak 60 IKM yang terdiri dari olahan kuliner makanan minuman, sandang, kerajinan, dan sejenisnya," kata Heru kepada Tribunjateng.com, Jumat (1/6/2018)

Gelaran Hang Tuah Fair ini menggunakan badan jalan sepanjang 200 meter sehingga ditutup untuk sementara waktu.

Lebih lanjut, Heru menjelaskan bahwa momen ini diharapkan dapat makin mendorong produktivitas para pelaku IKM dalam menghasilkan produk yg kreatif dan makin kolaboratif.

"Kalau ini terwujud, maka misi membangun perekonomian tegal yg berbasis ekonomi kerakyatan akan terwujud pula," tambahnya.

Ke depannya, Heru mengharapkan dana stimulan dari APBD untuk para IKM dalam menggelar produk.

Sebab menurutnya, hal itu terbukti bahwa acara yg digelar para IKM dapat menggerakkan perekonomian dengan perputaran uang yang lumayan deras.

Sementara itu, Indra selaku pelaku IKM produk kaos galgil yang juga ketua panitia Hang Tuah Fair sangat mengapresiasi upaya Disnakerin dalam mendorong asosiasi dan menyelenggarakan event semacam ini.

Indra meyakini ke depannya, bahwa IKM Kota Tegal akan makin berkembang karena para pelaku IKM sudah kompak bersatu untuk maju bersama.

"Demi menggerakkan ekonomi kerakyatan di kota tegal," lanjut Indra. (*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved