Bandara Ahmad Yani Tutup Empat Jam

Prakirawan Stamet Ahmad Yani Semarang Gempita Icky memperkirakan debu vulkanik bergerak menuju ke arah utara.

TRIBUNJATENG.COM - Bandara Ahmad Yani terpaksa ditutup akibat dampak erupsi Gunung Merapi, Kamis (1/6).
Pantauan Tribun Jateng debu vulkanik terlihat menempel di kaca mobil maupun keramik yang ada di sekitar bandara.

Tampak beberapa pesawat yang terpakir di apron dalam kondisi mesin tertutup. Airport Operation and service Departement Head Agus Sina mengatakan sekitar pukul 15.30 didapati adanya abu yang menyerupai abu vulkanik. Selanjutnya dilakukan pengetesan dan dikoordinasikan dengan Airnav, Otoritas bandara, dan BMKG.

"Setelah dilakukan koordinasi dan melihat kondisi lapangan kami putuskan diterbitkan notice to airman (Notam) yang berisikan penutupan bandara selama tiga jam ke depan," jelasnya.

Dikatakannya, ada empat pesawat berada di apron yang tertahan pemberangkatannya. Oleh karena itu pihaknya akan melaksanakan managemen delay (keterlambatan), dan menjaga kenyamanan penumpang yang terdampak.

"Yang ada di apron Lion air LNI 542 Semarang-Banjarmasin, Silk Air SLK 103 Semarang Singapura, Garuda Indonesia GA 241 Semarang- Jakarta, Wing Air Won 1800 Semarang Surabaya. Untuk Wing sudah ada sejak pagi," paparnya.

Setelah empat jam ditutup, Bandara Ahmad Yani akhirnya kembali dibuka pada pukul 19.30. Sebelumnya, Penutupan bandara dilakukan pukul 15.30.

Adi Soemarmo juga Tutup

Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, ditutup sementara sebagai dampak sebaran hujan abu vulkanik Gunung Merapi, yang meletus freatik, Jumat (1/6) pagi. Penutupan bandara dilakukan sejak 15.30 hingga 18.30.
"Bandara Adi Soemarmo sekarang closed. Penutupan bandara karena dampak hujan abu Gunung Merapi mulai 15.30 WIB. Penutupan tersebut rencananya akan berlangsung selama tiga jam hingga 18.30," jelas Humas Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Danar Dewi, Jumat sore.

Dampak penutupan bandara tersebut, di antaranya sejumlah penerbangan dibatalkan.

General Manager Garuda Indonesia Branch Solo, Hendrawan menambahkan pihak bandara telah mengeluarkan notam terkait penutupan Bandara Adi Soemarmo itu.

Halaman
1234
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help