Mudik Lebaran 2018

Irjen Royke Gowes di Tol Fungsional Tinjau Kesiapan Tol Semarang-Batang

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, meninjau proyek tol Semarang-Batang di wilayah Weleri, Kabupaten Kendal, Jumat (1/6).

Irjen Royke Gowes di Tol Fungsional Tinjau Kesiapan Tol Semarang-Batang
tribunjateng/dok
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, mengklaim lalu lintas di jalur mudik dari Jakarta menuju sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur terpantau ramai lancar. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, meninjau proyek tol Semarang-Batang di wilayah Weleri, Kabupaten Kendal, Jumat (1/6).

Royke bersepeda di jalur tol fungsional, yang nantinya digunakan untuk arus mudik 2018. Peninjauan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi terkini jalan yang nantinya akan dilintasi para pemudik.

"Pada pekan sebelumnya kami melintasi dari Pemalang hingga Batang mengendarai sepeda juga. Tujuannya melihat kesiapan jalan ini untuk dilintasi arus mudik," ujar Royke.

Royke bersepeda mulai pintu masuk tol Simpang Susun Weleri hingga Semarang. Kapolres Kendal, AKBP Adiwijaya, bersama sejumlah perwira lain turut bersepeda mendampingi Kakorlantas.

Sepanjang perjalanan, rombongan menyempatkan diri berhenti di setiap rest area yang dilewati.

Pada kesempatan itu, Royke mengatakan, saat melakukan perjalanan dari Mapolres ke Weleri dengan naik mobil, cuaca terasa panas.

"Kami menganggap, matahari ini adalah rembulan. Jadi tidak panas. Mari kita bersepeda," ujar Royke, yang sudah berkali-kali mengikuti jelajah sepeda.

Royke mengatakan, jalan tol Weleri Kendal hingga Semarang sudah bisa dilewati pada H-10 Lebaran.

Pemudik yang keluar dari Grinsing Batang akan diarahkan ke Pantura, kemudian masuk ke pintu tol Simpang Susun Weleri Kendal. Supaya tidak terjadi penumpukan, pembatas jalan raya Simpang Susun Weleri dibongkar. Harapannya, mobil mudah ketika masuk ke tol.

"Jembatan Kali Kuto, baru bisa dilewati sekitar tanggal 12 atau 13 Juni. Masyarakat yang mudik sebelum tanggal itu, belum bisa melewati jembatan tersebut," ujar Royke.

Sementara itu, Kapolres Kendal, AKBP Adiwijaya mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan strategi untuk mencegah kemacetan panjang di jalan raya Weleri dan Sumberjo Kaliwungu selama H-10 hingga H+10 Lebaran.

Pihaknya menyiapkan tim pengurai kemacetan bila terjadi penumpukan kendaraan di jalan menuju pintu masuk tol Weleri.

"Ada Pos Pengamanan di pintu masuk tol Weleri," ujarnya.

Selain di Weleri, pihaknya juga sudah mengantisipasi kemungkinan penumpukan kendaraan di jalan tol menuju ke arah Krapyak, Semarang. "Kalau terjadi penumpukan, maka sebagian yang dari arah Batang, kami keluarkan lewat Sumberjo Kaliwungu. Kami sudah menyiapkan petugas untuk mengaturnya," jelasnya. (dap/kps)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved