Mom & Kids

Mendampingi Anak Berlatih Menghafal Alquran Tanpa Paksaan

Derina yang memiliki anak laki-laki itu juga harus sabar agar anak mau belajar dan menghafalkan Alquran tanpa paksaan.

Mendampingi Anak Berlatih Menghafal Alquran Tanpa Paksaan
tribunjateng/raka f pujangga/ist
Sedikitnya 170 anak SD IT Bina Amal diwisuda karena telah menghafal setiap juz Alquran yang diselenggarakan dua kali dalam setahun, Kamis (31/5/2018). 

TRIBUNJATENG.COM - Memiliki anak yang memiliki kemampuan menghafal (tahfidz) Alquran, menghadirkan kebanggaan bagi orangtua. Begitu pula Derina Mulyadiningsih (33), warga Semarang, ketika ditanya perasaannya memiliki anak yang sudah hafal satu juz Alquran. Ia malah berlinang air mata.

Anaknya, Danis Athala (10) mampu membuat hati ibundanya begitu bahagia dan terharu sampai tak mampu lagi membendung air matanya. Tanpa malu, Derina mencurahkan perasaannya.
"Senang banget anak saya ini bisa menghafalkan satu juz. Namanya orang tua pasti punya harapan," ujar dia.

Terlebih, kata dia, perkembangan teknologi saat ini membuat anak-anak menyukai dunia digital. Namun, Derina tak ingin anaknya terlalu terbawa dengan situasi pesatnya dunia digital tersebut.
"Zaman sekarang ini apa-apa sudah gadget, melihat anak bisa hafal Alquran, orangtua hanya bisa senang," ujar dia.

Derina yang memiliki anak laki-laki itu juga harus sabar agar anak mau belajar dan menghafalkan Alquran tanpa paksaan. Sehingga, dia memilih waktu sesuai dengan keinginan anak saat melakukan murottal atau murajaah.

"Biasanya saya pilih waktu se-enjoy-nya anak saja. Misalnya habis magrib kita dengan murattal dan murajaah bareng," jelasnya.

Hal terpenting untuk anak mudah menghafalkan ayat-ayat Alquran itu adalah dengan cara tidak melakukan paksaan. Sehingga anak senang saat menghafalkannya.

"Kendalanya, memang karena anak masih ada godaan gadget. Jadi kalau diajak itu susah, tapi harus bersabar," ucapnya.

Beruntung, SDIT Bina Amal memberikan dukungan untuk anak-anak mudah menghafalkan Alquran karena ada hafalan setiap pagi.

Hal tersebut juga membuat Derina termotivasi untuk ikut menghafalkan ayat-ayat suci Alquran tersebut.

"Karena anak saya menghafal, saya ‎mau tidak mau terbawa. Jadi saya ajak anak berlomba-lomba, dan dia jadi termotivasi juga," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: raka f pujangga
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved