Segini Pembakaran Kalori Saat Berhubungan Seks, Jika Mampu Bertahan 25 Menit

Secara total, jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks jauh lebih sedikit daripada yang dibakar pria selama berolahraga

Segini Pembakaran Kalori Saat Berhubungan Seks, Jika Mampu Bertahan 25 Menit
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM - Hubungan seksual yang 'panas' memang termasuk dalam kegiatan fisik yang membakar kalori. Namun, apakah jumlahnya cukup signifikan?

Dikutip dari laman Men’s Health, pembakaran kalori tergantung ragam faktor, termasuk berat badan dan seberapa kuat kita saat di ranjang.

Pada 2013, para ilmuwan di Universitas Montreal berusaha menjawab pertanyaan ini dengan meminta 21 pasangan heteroseksual mengenakan pelacak kebugaran SenseWear selama mereka “bercinta”.

Mereka juga diminta berlari di treadmill selama 30 menit untuk membandingkan “sexercise” mereka dengan olahraga yang sebenarnya.

Hasilnya, seperti yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, rata-rata pria membakar 100 kalori selama berhubungan seks, sementara wanita membakar sekitar 69 kalori.

Para peneliti memerkirakan, pria membakar sekitar 4,2 kalori per menit saat berhubungan seks, sementara wanita membakar 3,1 kalori.

Secara total, jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks jauh lebih sedikit daripada jumlah kalori yang dibakar pria selama berolahraga, yaitu sekitar 276 kalori.

Kendati demikian, aktivitas ini masih bisa dilakukan sebagai penyeimbang latihan di gym.

Durasi rata-rata pasangan dalam studi ini melakukan hubungan seks sekitar 25 menit, sehingga dapat diasumsikan, semakin lama sesi bercinta, semakin banyak kalori yang dapat dibakar.

Tapi, sebelum terlalu bersemangat dengan potensi pembakaran kalori, studi lain yang diterbitkan pada tahun 2013 menyimpulkan sebaliknya, di mana hubungan seks tidak terlalu berefek seperti olahraga.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help