Ketua DPRD Kota Semarang Minta Dishub Benahi Terminal Terboyo Antisipasi Kedatangan Pemudik

Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang untuk menata Terminal Terboyo.

Ketua DPRD Kota Semarang Minta Dishub Benahi Terminal Terboyo Antisipasi Kedatangan Pemudik
m zaenal arifin

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang untuk menata Terminal Terboyo. Hal itu agar kondisi terminal tidak semakin semrawut saat arus mudik Lebaran.

Pasalnya, usai perubahan status dari tipe A menjadi tipe C yang diperuntukan Terminal Peti Kemas dan parkir truk, sebagian terminal sudah dibongkar. Padahal mayoritas bus masih memanfaatkan Terminal Terboyo sebagai pemberhentian bus.

"Terminal Terboyo harus lebih dipersiapkan untuk menerima kedatangan pemudik. Dishub harus memfasilitasi dan tidak membiarkan begitu saja. Jika semrawut, Kota Semarang akan dipandang jelek. Ini terkait citra Kota Semarang," kata Supriyadi, di Gedung DPRD Kota Semarang, Senin (4/6/2018).

Ia mengungkapkan, Kota Semarang tidak mempunyai terminal yang reptesentatif selain Terminal Terboyo. Seharusnya, terminal yang terletak di ujung timur Kota Semarang tetap difungsikan sebagai terminal penumpang karena letaknya yang strategis sebagai terminal feeder (penghubung) dengan Kabupaten lain.

Bahkan, Supriyadi sejak awal tidak setuju dengan pengalihan bus dari Terboyo ke Terminal Mangkang. Selain menambah jauh jarak tempuh bus, juga menyulitkan penumpang yang hendak menuju ke tengah kota.

"Kota Semarang hanya memikiki Terminal Cangkiran, tapi itu tidak bisa jadi terminal penghubung. Seharusnya Dishub memfungsikan kembali Terminal Terboyo, tidak menghilangkan fungsinya sebagai terminal angkutan. Karena Terboyo itu jadi feeder dengan Kabupaten sebelah timur," jelasnya.

Kondisi Terminal Terboyo saat ini dikeluhkan para awak bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) menjelang Lebaran ini. Para awak bus khawatir pemudik yang singgah Terminal Terboyo kebingungan mencari bus untuk pulang kampung halaman karena sebagian bus enggan masuk dan hanya berhenti di jalan masuk arah Terminal Terboyo.

Kepala Dishub Kota Semarang, M Khadik mengatakan, pihaknya memang sengaja tidak menata Terminal Terboyo karena tidak dijadikan terminal Lebaran untuk menampung para pemudik menuju beberapa daerah di timur Kota Semarang maupun lainnya.

"Terboyo tidak kami jadikan terminal Lebaran sehingga sekarang dalam proses pembongkaran. Nantinya terminal itu untuk parkir truk dan peti kemas seiring perubahan status menjadi Tipe C," kata Khadik.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved