Wali Kota Hendi Inisiasi Pembentukan Koperasi Forum Dasa Wisma

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi atas dikukuhkannya Forum Silaturahmi Dasawisma kecamatan se-Kota Semarang.

Wali Kota Hendi Inisiasi Pembentukan Koperasi Forum Dasa Wisma
ISTIMEWA
walikota hendi inisiasi pembentukan koperasi forum dasa wisma 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi atas dikukuhkannya Forum Silaturahmi Dasawisma kecamatan se-Kota Semarang.

Forum ini dapat membantu Kota Semarang untuk memajukan terutama kaum perempuannya dalam hal kesejahteraan, kesehatan, dan lain-lain.

“Selamat kepada Ibu-Ibu yang baru saja dikukuhkan. Menurut Saya ini ide yang sangat luar biasa dan unik bagaimana kelompok terkecil kemudian disolidkan, dibuat sebuah pelatihan atau pembekalan untuk mereka terus tumbuh berkembang sehingga dari lapis atas sampai lapis bawah benar-benar bersepakat membantu Semarang untuk menjadi lebih baik lebih hebat,” tuturnya usai menyaksikan pengukuhan tersebut di Ruang Lokarida lantai 8 Kompleks Balaikota Semarang, Senin (4/6).

Dikatakan Hendi sapaan akrab Wali Kota bahwa peran PKK sudah sangat luar biasa.

Hal itu bisa dilihat dari sisi prestasinya setiap tahun mulai tingkat provinsi hingga pusat sering dapat penghargaan.

Selain itu dari sisi faktual di lapangan PKK banyak membantu terutama kaum Ibu di Kota Semarang.

“Seperti pemberian pemahaman supaya Angka Kematian Ibu dan Anak tidak tinggi, pemberian sosialisasi tentang upaya penanganan Demam Berdarah dalam konteks dini, dan seterusnya” terangnya.

Ia melanjutkan agar forum ini tidak sekedar kumpulan ibu-ibu saja melainkan ada satu sisi yang bisa ditumbuh kembangkan dari sana, yaitu potensi ekonomi dengan membuat sebuah Koperasi Dasa Wisma.

“Di Kota Semarang tercatat ada 21.000 kelompok Dasa Wisma. Kalau buat koperasi, missal semuanya ikut simpanan wajibnya 100 ribu itu artinya panjenengan sudah punya dana 200 milyar.

Jika ini kemudian dikelola secara professional dan proporsional untuk kesejahteraan anggotanya maka hal itu akan membantu memajukan Kota Semarang,” urainya.

Sementara Ketua Forum Silaturahmi Dasa Wisma Kota Semarang, Tia Hendrar Prihadi yang tidak lain adalah istri orang nomor satu di Kota Semarang itu menjelaskan dibentuknya forum ini mempunyai fungsi sebagai tempat untuk merekatkan komunitas Dasa Wisma yang ada di Kota Semarang.

Kemudian diberi pengarahan-pengarahan supaya lebih mampu menjalankan kegiatan seperti apa yang telah diinstruksikan dari TP PKK pusat.

Pihaknya berharap agar setelah pembentukan ini ada kegiatan-kegiatan forum Dasa Wisma untuk peningkatan potensi yang ada di dalamnya.

“Bisa dalam bentuk pelatihan, sosialisasi atau kegiatan-kegiatan lain yang tujuannya adalah meningkatkan ekonomi keluarga tetapi juga ada dari sisi kesehatannya melalui PSN. Selain itu dapat membantu pencatatan kependudukan yang riil sehingga nantinya akan menjadi salah satu masukan Pemerintah Kota Semarang untuk menentukan kebijakan-kebijakan pembangunan,” pungkas Tia.(*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved