Libur Lebaran, RSUD Kalisari Batang Tetap Siap Layani Pasien

Pemerintah sudah menetapkan cuti lebaran tahun ini, meski demikian RSUD Kalisari Batang tetap akan memberikan pelayanan seperti biasanya.

Libur Lebaran, RSUD Kalisari Batang Tetap Siap Layani Pasien
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Suasana ruang IGD RSUD Kalisari Batang siap terima Pasien Gawat Darurat maupun pasien rawat jalan. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani.

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Pemerintah sudah menetapkan cuti lebaran tahun ini yaitu selama tujuh hari, meski demikian RSUD Kalisari Batang tetap akan memberikan pelayanan seperti biasanya.

"Cuti pegawai telah diatur secara bergantian, sehingga tidak berpengaruh terhadap layanan terhadap pasien, sehingha meski libur pelayanan tetap berjalan sebagaimana mestinya," tutur Direktur RSUD Kabupaten Batang, dokter Bekti Mastiaji, melalui Kabid Pelayanan dan Penunjang, dokter Utariyah Budi Astuti di meeting room RSUD setempat.

Pihak rumah sakit akan siaga selama 24 jam untuk memberikan pelayanan secara optimal kepada pasien, baik dokter dan paramedis yang bertugas di IGD (Instalasi Gawat Darurat) maupun yang bertugas di ruang rawat inap.

“Layanan pasien rawat jalan selama cuti bersama lebaran akan kita liburkan, namun apabila ada kegawat daruratan bisa langsung ke IGD, pasien juga bisa periksa melalui IGD," tutur dokter Utariyah.

Dikatakannya, RSUD juga telah menyiapkan ruang transit di IGD srlama 24 jam, hal itu untuk mengantipasi terjadinya lonjakan pasien dari pemudik Lebaran yang membutuhkan layanan kesehatan.

"Kita sudah menyiapkan ruang transit di IGD sebagai antisipasi apabila terjadi lonjakan pasien dari para pemudik. Karena sebelum pasien dibawa ke ruang inap, terlebih dahulu harus diperiksa, di IGD,” ujarnya.

Saat ini, RSUD Batang telah mempunyai 242 kamar ruang rawat inap.

"Apabila pasien BPJS kelas III yang tidak memperoleh kamar sesuai kelasnya, bisa dititipkan ke kamar kelas II atau kelas I, tanpa dipungut beaya tambahan," tandasnya.

Terkait pendaftaran pasien secara online yang sempat terhenti beberapa waktu, Kasi Rekam Medis dan Pengembangan Mutu, dokter Feri Kurniawan menjelaskan adanya perubahan sistem aplikasi dari pihak BPJS namun saat ini sistem sudah normal kembali.

"Pendaftaran pasien rawat jalan melalui online memang sempat terhenti beberapa lama, hal ini disebabkan adanya perubahan sistem aplikasi dari pihak BPJS. Namun sekarang sejak awal Mei (2018), sudah normal, sehingga pasien bisa mendaftar secara online kembali,” ujar dokter Feri.

Sementara itu, Kepala Bidang Perawat, Samuri menambahkan untuk menghadapi lebaran tahun ini pihak rumah sakit telah membentuk tim khusus yang beranggotakan 21 perawat, dari jumlah 295 perawat yang ada.

“Tim Khusus bertugas untuk memberikan pelayanan dalam rangka libur panjang Lebaran tahun ini. Anggota tim yang kami bentuk bertugas secara bergiilir untuk menangani pasien, begitu juga dengan supir dan ambulannya kita siapkan, apabila harus merujuk,” tutur Samuri.(*)

Penulis: dina indriani
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved