Mudik Lebaran

Menteri Basuki: Tarif Tol Brebes Timur hingga Semarang masih Gratis

Gardu tol ini untuk bayar dari Jakarta hingga ke Brebes Timur. Kalau untuk Brebes Timur hingga Semarang gratis

Menteri Basuki: Tarif Tol Brebes Timur hingga Semarang masih Gratis
TRIBUNJATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO
Kondisi gardu tol sementara di Kertasari kabupaten Tegal 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Tol dari Brebes Timur ke Semarang tidak dikenakan biaya alias gratis.

Kendaraan dari arah Jakarta dan sekitarnya yang akan melanjutkan perjalanan hingga ke Semarang akan melakukan pembayaran di gardu tol sementara Kertasari Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPR), Basuki Hadimuljono, menyatakan gardu tol Kertasari itu untuk membayar jasa tol dari Jakarta hingga ke Brebes Timur.

"Gardu tol ini untuk bayar tol dari Jakarta dan sekitarnya hingga ke Brebes Timur. Kalau untuk Brebes Timur hingga sini (Kertasari) dan lanjut ke Semarang itu tidak berbayar," kata Basuki saat meninjau ruas tol Pejagan- Pemalang Seksi 3 di Kabupaten Tegal.

Basuki menuturkan untuk tarif tol dari Palimanan hingga Brebes Timur hanya dikenakan Rp 56.000, dari Plumbon Rp 53.000, Ciperna Barat Rp 44.000 dan sebagainya.

Kepala Cabang Operasional PT Pejagan Pemalang Toll Road (PPTR), Ian Dwinanto, menuturkan pihaknya membuka 13 gardu tol di Kertasari untuk loket pembayaran.

13 gardu tol itu dibikin serong atau memanjang tidak berjejer seperti gardu tol permanen pada umumnya. Hal itu lantaran lebar jalan tol yang digunakan untuk gardu tol juga terpantau sempit.

"13 gardu tol kami sediakan agar dapat melayani pemudik. Yakni 7 gardu berada di depan dan 6 bercabang di belakang," kata Ian.

Polisi memprediksi titik kemacetan berada di gardu tol sementara tersebut.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, menuturkan pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk menangani kemacetan di gardu tol Kertasari itu.

"Kalau terjadi kemacetan ya nanti akan kami keluarkan di exit tol sebelumnya, yakni di exit tol Tegal atau di Brexit (Brebes Timur)," ucapnya. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help