Pengawas TPS Di Kota Tegal Sudah Dilantik, Begini Tugas Mereka Nanti

Pelantikan tersebut sekaligus juga diisi pembekalan yang diberikan oleh Komisioner Panwaslu Kota Tegal dan Panwaslu Kecamatan.

Pengawas TPS  Di Kota Tegal Sudah Dilantik, Begini Tugas Mereka Nanti
akhtur gumilang
Pelantikan Pengawas TPS di Kecamatan Margadana Kota Tegal. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tegal kini melantik Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara serentak di masing-masing Kecamatan di Kota Tegal, pada Selasa (5/6/2018) ini.

Mereka yang dilantik ada sebanyak 420 orang yang bertugas sebagai pengawas TPS.

Pelantikan tersebut sekaligus juga diisi pembekalan yang diberikan oleh Komisioner Panwaslu Kota Tegal dan Panwaslu Kecamatan.

Pembakalan itu meliputi soal kelembagaan, kode etik penyelenggara, tugas, dan fungsi Pengawasan.

Komisioner Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu Kota Tegal, Nurbaeni mengatakan menyebut, dengan dilantiknya Pengawas TPS, maka mereka sudah dapat melaksanakan tugas dan kewajiban.

Masa kerja pengawas TPS sendiri yakni selama sejak dilantik hingga dengan 7 hari sesudah Pemungutan dan Penghitungan suara.

Nurbaeni berharap, semua Pengawas TPS mempunyai gadget smartphone untuk menunjang pelaporan yang cepat, transparan, publikatif, dan mendorong dokumentasi yang sistematik.

Sebab, Bawaslu RI telah menyediakan sistem laporan daring (berbasis online) yang akan diisi oleh Pengawas TPS, Kelurahan, Kecamatan, dan juga Pengwas Kab/ Kota.

“Hasil yang telah dilakukan oleh Pengawas TPS nantinya akan langsung dilaporkan ke Pengawas Kelurahan, selanjutnya Pengawas Kelurahan akan merekap dan melaporkan ke Pengawas Kecamatan , begitu selanjutnya. Istilahnya pelaporan Alat Kerja Pengawasan ( AKP ) secara berjenjang”, kata Nurbaeni kepada Tribunjateng.com, Selasa (5/6/2018).

Nurbaeni menambahkan, beberapa tugas Pengawas TPS di antaranya adalah pengawasan hari masa tenang kampanye, pengawasan persiapan menuju pemungutan suara, pengawasan saat pemungutan Suara di TPS, hingga pengawasan pelaksanaan Penghitungan Suara di TPS.

“Selain itu, pengawas TPS juga akan melakukan pengecekan atas ketidaksesuaian penghitungan suara di TPS, pengawasan penggunaan hak pilih, tata cara penggunaan surat suara dan hasil penghitungan suara," pungkasnya. (*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help