Program Pendidikan Dokter Gigi Unimus Akreditasi B, Rektor : Berkah Jelang Lebaran

Program Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) di kampus tersebut secara resmi terakreditasi B.

Program Pendidikan Dokter Gigi Unimus Akreditasi B, Rektor : Berkah Jelang Lebaran
ISTIMEWA
Pimpinan serta pejabat di Lingkungan Unimus 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kemarin, Senin (4/6/2018), civitas akademika Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), peroleh kabar menggembirakan.

Program Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) di kampus tersebut secara resmi terakreditasi B.

Mendengar kabar tersebut, para pimpinan serta pejabat di tingkat universitas hingga prodi melaksanakan sujud syukur seusai menjalankan ibadah salat tarawih di Aula Gedung Rumah Sakit Gigi, Mulut, dan Pendidikan (RSGMP) Jalan Kedungmundu Raya Nomor 22 Kota Semarang, Senin (4/6/2018) petang.

“Alhamdulillah, kabar tersebut menjadi berkah Ramadan dan menjelang Lebaran tahun ini. Surat Keputusan (SK) terkait akreditasi itu secara resmi kami peroleh kemarin, Senin (4/6/2018),” kata Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi saat berjumpa dengan Tribunjateng.com di Unimus, Selasa (5/6/2018).

Menurutnya, peringkat Akreditasi B untuk sarjana Kedokteran Gigi Unimus itu tertuang dalam SK Nomor 0331/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2018. Sementara untuk peringkat Akreditas B Profesi Dokter Gigi Unimus pada SK Nomor 0332/LAM-PTKes/Akr/Pro/V/2018.

“Masa berlakunya selama 5 tahun atau mulai 25 Mei 2018 hingga 25 Mei 2023 mendatang. Adapun yang mengakreditasi serta yang mengeluarkan keputusan itu adalah Lembaga Akreditas Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes) RI,” jelasnya.

Masrukhi mengutarakan, diperolehnya peringkat akreditasi itu secara tidak langsung pula menjadi bentuk pengakuan dari LAM PTKes RI apabila penyelenggaraan pendidikan gigi dan profesi dokter gigi sudah on the track.

“Di Unimus ini sudah sesuai pada ketentuan maupun standar dalam regulasi lembaga akreditasi. Mulai dari aspek kurikulum, dosen, sarana-prasarana, tata kelola, visi-misi, hingga lainnya dimana itu semua sudah sesuai standar pendidikan dokter gigi Indonesia,” tuturnya.

Lalu, lanjutnya, melalui kabar gembira itu, pihaknya pun semakin optimis sekaligus menjadi penyemangat untuk lebih serta terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di Unimus.

“Kami akan terus kembangkan seluruhnya, baik itu yang bersifat akademik maupun non akademik. Tujuannya agar para lulusan kami bisa secara mudah bersaing di era global ini. Dan tentunya mereka tetap mendasarkan pada ajaran agama,” tutur Masrukhi.

Dan sebagai informasi tambahan, Dekan FKG Unimus drg Budiono mengutarakan, diperolehnya SK akreditasi tersebut merupakan hasil pelaksanaan visitasi akreditasi yang dilaksanakan selama dua hari yakni pada 3 dan 4 Mei 2018 lalu.

Setidaknya ada tiga asesor yang melakukan kegiatan itu.

“Yakni asesor dari Universitas Trisakti Jakarta Prof Dr drg Tri Erri Astoeti. Lalu Prof Dr drg Chiquita Prahasanti dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, dan Dr drg Hendra Dian Aditya dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Kami tak menyangka juga bisa peroleh hasil secepat ini,” bebernya.

Diperolehnya Akreditasi B itu, lanjutnya, secara resmi pula FKG berhak menerima mahasiswa baru (maba) sebanyak 50 orang dalam satu angkatan untuk Program Pendidikan Kedokteran Gigi maupun Profesi Dokter Gigi.(*)

Penulis: deni setiawan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help