Pemkot Semarang Gelar Bazar Ramadan Bagikan 4.110 Paket Sembako Murah

Pemkot Semarang Semarang menggelar bazar Ramadan di halaman parkir Balai Kota Semarang, Rabu-Kamis (6-7/6/2018).

Pemkot Semarang Gelar Bazar Ramadan Bagikan 4.110 Paket Sembako Murah
ISTIMEWA
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, membagikan paket sembako kepada masyarakat dalam bazar Ramadan di Halaman Parkir Balai Kota Semarang, Rabu (6/6/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemkot Semarang Semarang menggelar bazar Ramadan di halaman parkir Balai Kota Semarang, Rabu-Kamis (6-7/6/2018).

Dalam Bazar Ramadan itu, Pemkot Semarang membagikan 4.110 paket sembako murah kepada masyarakat.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengatakan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok di pasaran selalu terjadi bulan Ramadan, terkhusus mendekati hari Lebaran.

Kondisi tersebut terjadi di berbagai kota di Indonesia, tak terkecuali di Kota Semarang yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah.

Bahkan, Kota Semarang selalu mencatatkan laju inflasi yang tinggi menjelang hari raya Idul Fitri. Pada saat krisis moneter tahun 1998-1999, daya beli masyrakat menurun drastis, inflasi pun tetap terjadi seperti menjadi sebuah anomali.

"Namun fenomena inflasi karena meningkatnya harga-harga di pasaran saat bulan Ramadan ini berhasil kami dipatahkan. Badan Pusat Statistik mencatat, tingkat inflasi di Kota Semarang pada bulan Mei 2018 adalah sebesar -0,09% atau deflasi," kata Hendi, sapaan Hendrar Prihadi usai membuka bazar Ramadan, Rabu (6/6/2018).

Padahal dua tahun sebelumnya saat Ramadan berlangsung di Juni 2016, inflasi Kota Semarang tercatat amat tinggi pada angka 1,05%. Dan juga di tahun 2017, inflasi di Kota Semarang tercatat juga masih tinggi sebesar 0,37%.

Dengan nilai inflasi di bawah 0% yang berhasil dicatatkan oleh Hendi tersebut, maka tren harga-harga pasaran di Kota Semarang justru secara positif mengalami tren penurunan.

"Ini berarti masyarakat di Kota Semarang untuk pertama kalinya tidak menghadapi kondisi meningkatnya harga-harga di bulan Ramadan," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help