PMI Batang Siagakan 150 Relawan di Arus Mudik dan Balik.

Menjelang arus mudik dan arus balik lebaran, PMI Kabupaten Batang telah menyiapkan 150 relawan.

PMI Batang Siagakan 150 Relawan di Arus Mudik dan Balik.
Ist / Dok PMI Batang
Relawan PMI Batang melakukan latihan pertolongan pertama. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani.

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Menjelang arus mudik dan arus balik lebaran, PMI Kabupaten Batang telah menyiapkan 150 relawan.

Nantinya para relawan tersebut akan diterjunkan ke titik-titik posko lebaran baik di jalur pantura maupun tol fungsional.

Relawan yang diterjunkan terdiri dari berbagai unsur relawan, baik dari relawan PMI Kecamatan, Korps Sukarelawan (KSR), Siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT), dan Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis).

Ketua PMI Batang, Achmad Taufiq bahwa pada tahun ini ada penambahan relawan yang diterjunkan.

"Dibandingkan tahun kemarin, di tahun ini secara kuantitas kami menambah jumlah relawan yang akan diterjunkan.

Agar semakin meningkatkan pelayanan kesehatan PMI Batang kepada pemudik,” tuturnya kepada Tribunjateng.com, Selasa (5/6/2018).

Penambahan jumlah relawan yang diturunkan PMI tidak lepas dari terbentuknya tiga Sibat baru yang ikut ambil bagian.

Tiga Sibat tersebut yaitu dari Sibat Desa Ujung Negoro Kecamatan Kandeman, Kedungsegog Kecamatan Tulis, dan Kuripan Kecamatan Subah, melengkapi Sibat yang sudah ada sebelumnya dari Kecamatan Batang yaitu Karangasem Utara dan Klidang Lor serta dari Kecamatan Gringsing.

“Sebelum di lapangan para relawan akan dibekali materi tambahan seputar pertolongan pertama, pertolongan keluarga dan pengetahuan obat-obatan. Selain untuk menambah wawasan juga me-refresh ilmu yang sudah didapat,” terang Taufiq.

PMI tidak hanya menginduk pada posko mudik yang didirikan oleh Pemerintah, melainkan akan mendirikan posko mandiri yang ditempatkan di lokasi strategis selama dibutuhkan oleh pemudik.

"Tahun lalu posko mudik pemerintah berdiri di alun-alun Batang, kantor Dinas Perhubungan (Dishub), rest area Candiareng, sedangkan PMI mendirikan posko mudik mandiri di Kecamatan Gringsing, untuk tahun ini kemungkinan tidak jauh berbeda," pungkasnya.(din)

Penulis: dina indriani
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help