Wali Kota Hendi Resmikan Patung Soekarno di Hari Lahir Sang Proklamator

Berbagai cara dilakukan oleh banyak tokoh di bangsa ini untuk memperingati hari lahir Bung Karno yang jatuh setiap 6 Juni.

Wali Kota Hendi Resmikan Patung Soekarno di Hari Lahir Sang Proklamator
ISTIMEWA
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, meresmikan patung Ir Soekarno di Taman Kalibanteng, Semarang, Rabu (6/6/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Berbagai cara dilakukan oleh banyak tokoh di bangsa ini untuk memperingati hari lahir Bung Karno yang jatuh setiap 6 Juni.

Tak terkecuali Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang memaknai peringatan tersebut dengan meresmikan patung Founding Father Republik Indonesia itu di Kota Semarang, Rabu (6/6/2018).

Sosok proklamator bangsa itu diabadikan dalam sebuah monumen setinggi 6,5 meter yang terletak di Taman Kalibanteng, Semarang Barat, Kota Semarang.

Patung Ir Soekarno yang baru saja diresmikan oleh Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, menjadi bangunan ketiga yang berada di Kota Semarang.

Pertama, patung Soekarno bersama Mohammad Hatta berada di Jalan Arteri Soekarno-Hatta, serta di Jalan S Parman, Gajahmungkur.

Namun berbeda dengan dua patung sebelumnya, di patung ketiga ini tampak Soekarno seorang diri menghadap ke barat dengan membawa naskah proklamasi.

"Mengapa Bung Karno? karena beliau adalah Founding Father bangsa Indonesia yang harus terus kita kenang, karena banyak ajaran-ajaran dari beliau yang perlu kita terus perjuangan dan lestarikan. Saya rasa pengambilan makna dari patung adalah seperti itu," kata Hendi.

Ia menuturkan, dibangunnya patung itu adalah sebagai pengingat bersama agar tidak lupa terhadap sejarah pendirian bangsa.

Hendi menuturkan, peletakan patung di Taman Kalibanteng sendiri yang sangat strategis di sisi Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan RE Martadinata tersebut agar semua dapat melihat betapa hebatnya perjuangan proklamator kita ini dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Taman Kalibanteng sendiri adalah satu dari 22 ruang terbuka hijau (RTH) yang dibangun Pemkot Semarang sejak 2017. Pada tahun 2018 ini, Semarang menargetkan membangun 18 RTH lagi di berbagai sudut wilayah di Kota Semarang," ucapnya.(*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved