Antisipasi Parkir Liar Bermunculan Jelang Lebaran, Tim Saber Pungli Batang Lakukan Koordinasi

Moment tersebut menyebabkan banyaknya petugas parkir dadakan menjamur di tempat – tempat umum

Antisipasi Parkir Liar Bermunculan Jelang Lebaran, Tim Saber Pungli Batang Lakukan Koordinasi
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Bupati Batang Wihaji beserta Tim Saber Pungli saat melakukan Rapat Koordinasi di Ruang Abirawa, Kamis (7/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani.

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Menjelang hari raya idul fitri maupun sesudah hari raya biasanya pasar dan tempat wisata dipadati oleh ribuan pengunjung baik untuk berbelanja kebutuhan lebaran maupun sekedar wisata bersama keluarga.

Moment tersebut menyebabkan banyaknya petugas parkir dadakan menjamur di tempat – tempat umum.

Untuk mengatasi penyakit masyarakat ini, Tim Saber Pungli Kabupaten Batang melakukan rapat koordinasi yang bertujuan untuk menertibkan keberadaan parkir liar maupun mengatasi kenaikan tarif parkir secara sepihak.

"Kami lakukan sosialiasi langsung kepasar seperti Pasar batang, Bandar, Subah dan beberapa tempat wisata seperti Bandar Eco Park, Sikembang, Sigandu beberapa waktu lalu kita telah mengumpulkan tukang parkir, karcis dan petugas pengamanan (satpam) se-Kabupaten Batang di Gedung Pramuka," tutur Ketua Pokja Pencegahan dan Sosialisasi, Iptu Teguh HD, Kamis (7/6/2018).

Ia juga mengatakan bahwa koordinasi tersebut guna memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada petugas parkir yang ada di Kabupaten Batang tentang peraturan perbup kenaikan tarif parkir yg semula Rp 500 untuk sepeda motor menjadi Rp 1.000  dan mobil yg semula Rp 1.000  menjadi Rp 2.000.

Selain sosialisasi kepada tukang parkir, pihaknya juga telah memberikan sosialisasi kebeberapa dinas seperti Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (disparpora), Dinas Sosial, Dinas Perhubungan ini sebagai bentuk sinergiatas bebagai pihak untuk mencegah segala pungutan liar dan korupsi.

"Segala bentuk pelanggaran, baik itu pelanggaran kecil maupun pelanggaran besar akan segera kami respon dan tindak lanjuti dengan tegas," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji menghimbau kepada Tim Saber Pungli untuk tetap amanah dalam menjalankan tugasnya karena ini menyangkut kepentingan umum, utamanya tentang beberapa penyakit masyarakat seperti keberadaan parkir liar, kenaikan parkir sepihak, Pendaftaran Sistematis Lengkap (PTSL).

"Kita harus fokus menangani masalah parkir liar ini dan yakin dapat berkurang keberadaanya. Sehingga sosialisasi perlu terus dilakukan supaya para tukang parkir ini tetap pada fungsinya, tidak melanggar aturan dan tidak merugikan pengunjung lebih – lebih saat ini Pemerintah Daerah sedang mencanangkan tahun kunjungan wisatas sehingga perlu keamanan dan kenyaman di tmpat wisata," ujarnya.

Wihaji menambahkan parkir yang benar yaitu ada bukti retribusi dan pembayaran sesuai dengan yang tertera di karcis, para petuas parkir pun harus melayani dengan baik, karena dari retribusi parkir ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berguna untuk pembangunan di Kabupaten Batang.

“Oleh karena itu mari bersama – sama melaksanakan budaya tertib, petugas parkir harus menata parkir dan memungut parkir sesuai dengan perundang – undanga yang berlaku," pungkasnya. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help