Mudik Lebaran 2018

Garuda Indonesia Berencana Tambah Penerbangan Layani Pemudik

Garuda Indonesia menjadi maskapai yang melayani penerbangan perdana saat pembukaan terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang, Rabu (6/6).

Garuda Indonesia Berencana Tambah Penerbangan Layani Pemudik
net
Pesawat Garuda Indonesia 

TRIBUNJATENG.COM - Garuda Indonesia menjadi maskapai yang melayani penerbangan perdana saat pembukaan terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang, Rabu (6/6).

Pesawat yang digunakan Garuda Indonesia terbang perdana itu adalah GA 231 rute Semarang-Jakarta pada pukul 06.00.

Station Manager Garuda Indonesia, Zainal Arifin mengatakan, suatu kehormatan Garuda Indonesia diberikan kesempatan untuk melakukan penerbangan perdana di terminal baru.

"Penumpang yang diberangkatkan pertama sebanyak 124 penumpang ekonomi, dan dua penumpang bisnis," katanya.
Zainal pun memberikan sejumlah catatan yang harus diselesaikan dari pembangunan terminal baru itu, satu di antaranya terkait dengan kapasitas area parkir kendaraan penumpang.

Meski area parkir belum sepenuhnya berfungsi, pihak PT Angkasa Pura (AP) I telah memastikan daya tampung parkir yang cukup. "AP I sudah memberikan solusi ketika lahan parkir yang disediakan tidak mencukupi," ujarnya.

Kondisi berbeda pada area parkir pesawat. Zainal menyatakan, sudah banyak peningkatan dibandingkan dengan di terminal lama. Hal itu dinilai akan berdampak terhadap pesawat yang akan berangkat maupun datang.

"Jika dibandingkan dengan yang lama jauh sekali, karena selain keterbatasan parking stand di apron lama, juga hanya ada satu taxi way di terminal lama. Sementara di terminal baru ada dua taxi way, sehingga dapat memperlancar pesawat yang keluar maupun masuk," jelasnya.

Menanggapi pembukaan bandara baru, General Manager Garuda Indonesia Branch Office Semarang, Bobby Achmad Rosyandi mengatakan, tidak hanya penerbangan domestik, jika fasilitas pendukung memungkinkan, pihaknya akan membuka penerbangan internasional dari Ahmad Yani.

Menurut dia, saat ini pihaknya tengah melakukan kajian terkait dengan penambahan penerbangan.

"Sedang kami kaji, mulai dari rutenya, tipe pesawatnya, nanti kami lihat juga peak season bagaimana pengaturan operasional terminal baru," katanya, di sela nonton bareng Garuda Indonesia bersama Mitra Usaha di XXI Mall Paragon Semarang, Rabu (6/6).

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help