Mudik Lebaran

Ini Jadwal Kedatangan Rombongan Pemudik Gratis di Tirtonadi Solo

Berdasar catatan, 5 ribu penumpang dengan 139 bus berbeda mulai diberangkatkan dari Jakarta secara bergantian Sabtu (9/6/2018)

Ini Jadwal Kedatangan Rombongan Pemudik Gratis di Tirtonadi Solo
Tribun jateng/akbar hari mukti/dok
Sepeda motor pemudik sedang ditata di halaman depan Terminal Tirtonadi, Solo, Rabu (21/6). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi Solo keluarkan jadwal kedatangan pemudik gratis. Kedatangan pemudik gratis diperkirakan mulai 10 Juni 2018 hingga 13 Juni 2018 secara bergiliran.

Meski begitu, khusus kendaraan peserta mudik gratis diprediksi tiba lebih awal.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Joko Sutriyanto mengungkapkan, pihaknya telah menerima jadwal keberangkatan perserta mudik gratis dari Kementrian Perhubungan sebagai acuan mengantisipasi kedatangan peserta mudik tersebut.

Berdasar catatan, 5 ribu penumpang dengan 139 bus berbeda mulai diberangkatkan dari Jakarta secara bergantian sejak Sabtu (9/6/2018) hingga 13 Juni mendatang.

Rinciannya, 16 bus diberangkatkan besok, 29 bus pada 10 Juni 2018, 38 bus pada 11 Juni 2018, 45 bus pada 12 Juni 2018 dan 11 bus pada 13 Juni 2018.

"Kedatangan pemudik ini biasanya 1 hari setelah keberangkatan. Biasanya waktu tiba dini hari. Nanti disiapkan makanan dan minunan dari Kemerntian Perhubungan untuk pemudik yang berdatangan," paparnya, Jumat (8/6/2018).

Ia menjelaskan, sebelum peserta mudik tiba, kendaraan peserta mudik gratis yang diangkut oleh 17 truk akan tiba terlebih dahulu. 17 truk berisi 765 kendaraan roda dua akan tiba lebih awal mengingat keberangkatan dari Jakarta telah dilakukan sejak 7 Juni 2018 lalu.

"Kloter pertama tiba pada Sabtu dini hari. Kloter kedua pada Minggu dini hari. Setiba di terminal akan langsung diturunkan dan ditata di tempat yang disediakan. Petugas mengisi bensin kendaraan pemudik yang sebelumnya dikosongkan," ujar dia.

Ia menuturkan, selain peserta mudik gratis dari Jakarta, terminal itu juga akan kedatangan peserta mudik dari Jabar sebanyak 100 armada.

"Yang dari Jabar, pada hari Minggu kami kira sudah tiba di terminal," katanya.
Ia menjelaskan, untuk membedakan peserta mudik gratis dengan penumpang reguler dan penumpang non reguler, pemudik gratis akan mendapatkan tempat khusus di sisi paling timur terminal.

Hal itu menurutnya dilakukan agar pengelompokan pemudik lebih mempermudah pendataan sehingga proses pengambilan kendaraan lebih mudah.

"Nanti akan dikumpulkan dulu sebelum mengambil motor. Ketentuan awal peserta harus menunjukkan barcode masing-masing. Setelah dipastikan cocok baru dipersilahkan mengambil kendaraan. Yang hilang bisa menunjukkan stnk," jelas dia.

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo menambahkan pihaknya siap memaksimalkan kelancaran arus lalu lintas di sekitar Terminal Tirtonadi.

"Lokasi pintu keluar masuk terminal jadi fokus utama. Selain itu, kelancaran lalu lintas terus dipantau lewat cctv disekitar APILL agar saat terjadu penumpukan langsung bisa diatasi," jelasnya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved