Pemkab Tegal Bakal Rilis Aplikasi Lapor Bupati

Pemkab Tegal melalui Bagian Humas dan Protokol Setdanya menggelar pelatihan SMS Lapor Bupati dan Aplikasi Android Lapor Bupati

Pemkab Tegal Bakal Rilis Aplikasi Lapor Bupati
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal melalui Bagian Humas dan Protokol Setdanya menggelar pelatihan SMS Lapor Bupati dan Aplikasi Android Lapor Bupati 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal melalui Bagian Humas dan Protokol Setdanya menggelar pelatihan SMS Lapor Bupati dan Aplikasi Android Lapor Bupati, di Ruang Rapat Bupati, Jumat (8/6/2018) pagi ini.

Pelatihan ini diikuti seluruh Person In Charge (PIC) di setiap Dinas, lingkungan Pemkab Tegal, Kasubag Pemberitaan dan Dokumentasi Humas Protokol Setda Hari Nugroho, dan Pjs Bupati Tegal Sinoeng N Rachmadi.

Dalam hal ini, Hari menyebut, pemerintah perlu membuka saluran informasi dan komunikasi terkait kinerja pelayanan publiknya, salah satunya melalui kanal lapor bupati sebagai media pengaduan.

Ia menyampaikan, sesuai Peraturan Bupati Tegal Nomor 10 Tahun 2015 tentang Pedoman Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, maka Pemkab Tegal berupaya membangun komunikasi sistem layanan pengaduan masyarakat berbasis teknologi informasi melalui SMS dan Aplikasi Android.

“Hal ini dimaksudkan untuk mendekatkan masyarakat dengan instansi terkait dalam menyampaikan masukan keluhannya tanpa terbatas jarak, ruang dan waktu,” jelas Hari kepada Tribunjateng.com, Jumat (8/6/2018).

Menurutnya, penggunaan SMS dan aplikasi android ini, dinilai mampu memangkas jalur administrasi pelaporan sekaligus menghilangkan kesan birokratik di lingkungan pemerintahan.

Lebih lanjut, Hari juga menambahkan, sebagai saluran resmi pengaduan masyarakat, pihaknya tentu dituntut dengan adanya kesiapan jaringan infrastruktur dan SDM.

“Untuk itu, pada kesempatan pagi yang baik ini, kami mengundang 57 PIC SMS Lapor Bupati yang juga bertugas untuk Aplikasi Android Lapor Bupati Tegal. Mereka dipanggil untuk berlatih menggunakan kedua layanan tersebut,” paparnya.

Hari menerangkan bahwa layanan SMSLaporBupati sebenarnya sudah ada pada tahun 2016 lalu.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved