Home »

Solo

Pemkot Solo Prediksi Banyak Jukir Musiman saat Lebaran, Ini Aturan yang Harus Ditaati

"Tarif parkur juga tak boleh naik. Harus sesuai zona parkir terdekat yang telah diberlakukan Pemkot Solo," ujarnya

Pemkot Solo Prediksi Banyak Jukir Musiman saat Lebaran, Ini Aturan yang Harus Ditaati
tribunsolo.com/eka fitriani
Tempat parkir di belakang Beteng Trade Center Solo, Senin (26/6/2017), padat. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pemkot Solo memprediksi selama libur Lebaran 2018 ini juru parkir (jukir) musiman akan merebak. Pemkot Solo pun mengimbau jukir musiman ini melaporkan diri sebelum beraktivitas.

Kabid Perparkiran Dishub Solo, M. Usman, menuturkan bila Pemkot Solo tak melarang adanya jukir musiman tersebut selama libur Lebaran 2018. Tetapi ia mengimbau para jukir melaporkan diri, agar ada pendataan yang jelas.

"Mereka ini memang sifatnya menyesuaikan situasi. Karena melihat peluang saat permintaan parkir meningkat dan jukir resmi kewalahan," terangnya, Jumat (8/6/2018).

Ia menjelaskan, biasanya jukir musiman ini beraktivitas di sekitar tempat wisata dan pusat-pusat keramaian di Solo. Usman pun mengaku mempersilakan masyarakat, baik lembaga-lembaga maupun karang taruna untuk menjadi jukir musiman tersebut. Tetapi harus jelas dan tak sembunyi-sembunyi.

"Jelas prinsipnya adalah harus izin ke kami. Akan kami berikan tanda pengenal khusus dan batasan wilayah operasi," urainya.

Pendataan itu, lanjutnya, juga bakal menjadi modal Pemkot Solo untuk membina jukir-jukir musiman. Ia menegaskan jukir musiman tak boleh abai pada kelancaran lalulintas, agar tak ada kemacetan di Solo saat libur Lebaran 2018.

"Tarif parkur juga tak boleh naik. Harus sesuai zona parkir terdekat yang telah diberlakukan Pemkot Solo," ujarnya.

Ketua Asosiasi Parkir Surakarta (Asparta), Ngadiyo, menambahkan bila aktivitas jukir musiman bukanlah tanggung jawab organisasi itu.

"Masing-masing pengelola hanya bertanggungjawab terhadap jukir masing-masing. Sampai saat ini anggota kami ada 3 ribuan jukir resmi," paparnya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help