Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok Diprediksi pada 13 Juni 2018

Puncak arus mudik Lebaran Tahun 2018 di Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok diprediksi terjadi pada Rabu (13/6/2018).

Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok Diprediksi pada 13 Juni 2018
TRIBUNJATENG/DOK
FOTO DOKUMEN mudik gratis naik kapal laut - Ingin Mudik Gratis Bersama Pelindo III Silakan SMS ke 0811 3455333 

TRIBUNJATENG.COM, TANJUNG PRIOK---Puncak arus mudik Lebaran Tahun 2018 di Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok diprediksi terjadi pada Rabu (13/6/2018).

Tujuan para pemudik kebanyakan menuju Semarang, Jawa Tengah, dan Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok, Didi Achmad, mengatakan, hingga saat ini belum ada lonjakan jumlah pemudik menuju kampung halamannya masing-masing.

“Puncak arus mudik dari Pelabuhan Tanjung Priok diprediksi tanggal 9-13 Juni 2018, kebetulan ada mudik gratis sepeda motor naik kapal laut. Kalau sekarang belum ada kelihatan lonjakan penumpang,” kata Didi baru-baru ini.

Didi mengatakan, pada Minggu (3/6/2018) saja hanya ada 39 penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok. Jumlah tersebut dipastikan bakal bertambah seiring semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri.

“Kebanyakan para penumpang berangkat ke Semarang dan Surabaya,” katanya.

Sejumlah persiapan pun sudah dilakukan mulai dari petugas hingga fasilitas pelayanan dan pengamanan.

Menurut Didi fasilitas pendukung seperti Posko Pelayanan Terpadu hingga kamera CCTV sudah siap digunakan.

“Kami ada petugas yang siaga selama musim mudik Lebaran. Mereka ini dibagi dalam dua shift. Ada dari Otoritas Pelabuhan, Syahbandar, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Basarnas, PMI, BNN, dan lain-lain,” kata Didi.

Tidak hanya itu, para penumpang yang mudik ke kampung halaman dan menjalankan ibadah puasa akan mendapatkan takjil berupa roti dan teh botol. Sebanyak 500 takjil telah disiapkan selama bulan puasa.

“Ada juga shuttle bus Transjakarta ke sini dari Terminal Tanjung Priok, jadi para penumpang enggak perlu repot-repot lagi. Pada dasarnya kami sudah siap melayani pemudik yang berangkat dari Terminal Tanjung Priok,” katanya.

Pantauan di lokasi, fasilitas Posko Pelayanan Terpadu menyediakan berbagai informasi hingga kondisi cuaca terkini. Selain itu masih ada mesin x-ray yang siap digunakan dan kamera CCTV untuk memantau pergerakan para penumpang.

Beberapa petugas juga terlihat berjaga-jaga di dalam posko terpadu itu. Sementara pengamanan ketat belum ada karena jumlah penumpang yang berangkat pada hari ini tidak terlalu banyak. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved