HALAQAH! Berpuasa Namun Tak Tahu Haid Keluar

Bagaimana bila saya ragu-ragu mengenai waktu keluarnya darah haid yang kita tidak tahu pastinya

HALAQAH! Berpuasa Namun Tak Tahu Haid Keluar
boldsky.com
Ilustrasi: menstruasi 

ASSALAMU 'alaikum wr wb.. Ustaz, mau tanya. Bagaimana bila saya ragu-ragu mengenai waktu keluarnya darah haid yang kita tidak tahu pastinya. Saya baru sadar mengeluarkan darah haid justru beberapa waktu selepas berbuka. Bila mengalami hal ini, apakah cukup keyakinan, saya "menggugurkan" puasa yang sudah dijalani sehari penuh atau memutuskan tetap puasa? Terimakasih.

Jawab:

Wa alaikum salaam Wr. Wb.

Terima kasih atas pertanyaannya. Pembaca setia Tribun Jateng, menjadi kesepakatan ulama (ijma’) bahwa haram hukumnya puasa bagi perempuan yang sedang haid dan ia berkewajiban mengganti (qadha) di hari lain.

Dalam kaidah fiqh disebutkan bahwa pada dasarnya setiap hal diperkirakan waktu yang terdekat (al-aslu fi kulli haditsintaqdiruhu bi-aqrobi zamanihi). Sementara, menurut al-Mausuah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyah dijelaskan, bahwa jika seorang wanita melihat darah haid dan tidak tahu kapan keluarnya, maka hukumnya seperti orang yang melihat mani di bajunya, sedangkan dia tidak tahu kapan kejadiannya (Juz 26, hlm. 193, tt, Wizaratul Awqaf wasy-Syu'un al-Islamiyah).

Sehingga bila perempuan baru mendapati darah haid beberapa waktu selepas berbuka dan tidak tahu kapan pasti keluarnya, apakah sebelum atau sesudah matahari terbenam, hendaknya ia menganggap waktu keluarnya adalah waktu terdekat dari yang diperkirakan. Artinya, dianggap waktu keluar haidnya setelah matahari terbenam. Maka puasanya yang sudah dijalani tetap sah dan tak perlu diqadla (ganti).

Wallahu a’lam bis shawab.

 KH Mohammad Farid Fad MSI

Wakil Ketua PW RMI NU Jateng;

Pengasuh PP Raudlatul Muta'allimin 

Kendal

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved