Mudik Lebaran 2018

INGAT! GRATIS! Tol Solo-Ngawi Dibuka untuk Jalur Angkutan Lebaran

Masih banyak yang tak tahu jalan tol ini gratis. Saya beberapa kali pakai pengeras suara mengumumkan tol ini gratis

INGAT! GRATIS! Tol Solo-Ngawi Dibuka untuk Jalur Angkutan Lebaran
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Pemudik melewati gerbang tol Ngemplak, Jumat (8/6/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, BOYOLALI - Jalan tol Solo-Ngawi, jalur untuk angkutan Lebaran 2018, mulai dibuka, Jumat (8/6) pukul 06.00.

Berdasar pantauan di gerbang tol Ngemplak, Boyolali, para pemudik tampak belum terbiasa melewati jalur tersebut dan terkait tarifnya.

Beberapa pemudik masih menempelkan kartu e-toll ke mesin pembayaran. Padahal, sesuai keputusan PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), jalur tol itu masih digratiskan.

Seorang pemudik, Sunaryo (35) mengaku masih bingung saat masuk gerbang tol Ngemplak. Ia bermaksud ingin membayar tol memakai e-toll.

"Syukur alhamdulillah kalau gratis," jelasnya yang mengaku mudik ke Ngawi itu.

Manajer Pengendalian Operasi PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN), Imam Zarkasih, menuturkan bila palang pintu di gerbang tol memang masih belum difungsikan karena masih gratis.

"Masih banyak yang tak tahu jalan tol ini gratis. Saya beberapa kali pakai pengeras suara mengumumkan tol ini gratis. Kami akan pasang tulisan pengumuman tentang tol ini yang gratis," jelasnya.

Menurutnya hingga saat ini sudah ada 600-an kendaraan masuk gerbang tol Ngemplak.Menurut perkiraannya, jumlah pengguna jalan tol akan terus meningkat dan puncaknya, pada H-3 Lebaran.

"Prediksi kami untuk puncak arus balik mencapai 30 ribu lebih kendaraan," katanya.

Sementara pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi Solo keluarkan jadwal kedatangan pemudik gratis yang diprediksi tiba bergelombang sejak 10 Juni 2018 hingga 13 Juni 2018 secara bergiliran. Meski begitu, khusus kendaraan peserta mudik gratis diprediksi tiba lebih awal.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Joko Sutriyanto mengungkapkan, pihaknya telah menerima jadwal keberangkatan perserta mudik gratis dari Kementrian Perhubungan sebagai acuannya.

Berdasar catatatan, 5 ribu penumpang dengan 139 bus berbeda mulai diberangkatkan dari Jakarta secara bergantian sejak Sabtu (9/6/2018) hingga 13 Juni mendatang. Rinciannya, 16 bus diberangkatkan besok, 29 bus pada 10 Juni 2018, 38 bus pada 11 Juni 2018, 45 bus pada 12 Juni 2018 dan 11 bus pada 13 Juni 2018.

"Kedatangan pemudik ini biasanya 1 hari setelah keberangkatan. Biasanya waktu tiba dini hari. Nanti disiapkan makanan dan minunan dari Kemerntian Perhubungan untuk pemudik yang berdatangan," paparnya, kemarin. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved