Mudik Lebaran 2018

PANTAUAN MUDIK: Dari Jalur Pantura Tegal Lengang hingga Pemudik Tersesat di Exit Tol Weleri

Hanya tampak kendaraan roda empat yang melintas, itu pun berpelat nomor dalam kota.

PANTAUAN MUDIK: Dari Jalur Pantura Tegal Lengang hingga Pemudik Tersesat di Exit Tol Weleri
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
kepolisian mengatur arus pemudik yang memasuki jalan tol Semarang Batang melalui pintu exit Weleri 

TRIBUNJATENG.COM - Pemandangan tak biasa tampak di jalur pantura Kota Tegal. Jalan dalam kota lengang, Jumat (8/6). Hanya tampak kendaraan roda empat yang melintas, itu pun berpelat nomor dalam kota.

Wajar saja, lantaran sebagian besar kendaraan roda empat pemudik sudah melintas di ruas tol Brebes- Semarang yang baru dibuka Jumat pagi sekitar pukul 06.30 WIB.

Kondisi itu berbeda dibandingkan kemarin saat ruas tol Brebes-Semarang masih ditutup. Banyak kendaraan pribadi dari luar daerah, truk, dan bus yang memadati jalur arteri pantura itu.

Baca: Ban Meletus! Mobil Pemudik Terbalik di Km 621+200 A Jalan Tol Caruban-Wilangan3 Luka Berat

Terpantau, beberapa u-turn atau ruang untuk berputar di dalam kota dibuka, bahkan u-turn yang kecil sekalipun. Padahal, awalnya, polisi akan menutupnya.

Sejumlah kendaraan besar, semisal truk dan bus dialihkan ke jalur alternatif jalan lingkar utara (jalingkut) untuk menghindari lalu lintas dalam kota yang berpotensi terjadi kepadatan.

Truk dan bus tidak diperbolehkan melintas ruas tol Brebes- Semarang, sehingga mereka keluar di pintu tol Brebes Timur (Brexit) dan melanjutkan menuju ruas pantura Brebes hingga Kota Tegal.

Baca: Hati-hati Lewati Tol Brebes Timur-Semarang

"Kemarin sangat padat, tapi hari ini sepi. Warga lokal jadi tidak was- was saat lewat di pantura ini," kata seorang pengguna jalan, Sugiyanto (38).

Menurutnya, momen seperti itu jarang terjadi saat musim mudik Lebaran. Biasanya, kata dia, saat mudik, hampir setiap hari jalan dalam kota ramai kendaraan bahkan hingga terjadi kemacetan di beberapa titik dalam kota.

"Kalau menjelang Lebaran kan banyak warga yang jalan- jalan beli ini beli itu, kebetulan pertokoan ada banyak di jalur pantura ini. Jadi, kalau mudik, kendaraan warga lokal sama pemudik campur aduk jadi macet," ujar warga Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal itu.

 Banyak pemudik tersesat

Halaman
123
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help