Sering Nyeri Haid? Ini Risiko Bagi Kehamilan Menurut Dokter Spesialis RS Telogorejo

Infertilitas adalah kegagalan dari pasangan suami istri untuk mengalami kehamilan setelah melakukan hubungan seksual selama satu tahun lebih.

Sering Nyeri Haid? Ini Risiko Bagi Kehamilan Menurut Dokter Spesialis RS Telogorejo
Tribun Jateng/Wilujeng Puspita Dewi
dr. Fadjar Siswanto, Sp.OG (K) Fer (kiri) dr. Arie Sutanto, Sp.OG (K).Fer (kanan) saat mengisi acara kelas kesehatan di Gedung Cattleya lantai 7 SMC RS Telogorejo Jalan K.H Achmad Dahlan, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (9/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Wilujeng Puspita Dewi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Infertilitas adalah kegagalan dari pasangan suami istri untuk mengalami kehamilan setelah melakukan hubungan seksual selama satu tahun lebih.

Hal tersebut disampaikan oleh dr. Arie Sutanto, Sp.OG (K).Fer saat mengisi acara kelas kesehatan di Gedung Cattleya lantai 7 SMC RS Telogorejo Jalan KH Achmad Dahlan, Semarang, Jawa Tengah. Sabtu (9/6/2018).

Nyeri yang berlebihan saat haid atau menstruasi, bisa saja merupakan gejala penyakit endometriosis yang menyebabkan sel telur sulit bertemu dengan sperma.

"Endometriosis ini adalah radang yang terjadi karena adanya masalah hormon yang menyebabhkan adanya jaringan. Jaringan endometrium ini tumbuh di luar dari lapisan dalam dinding rahim," tutur Dokter Ari.

Ia menjelaskan lebih lanjut, adanya jaringan yang tumbuh abnormal itu dapat menyebabkan iritasi, peradangan, pembengkakan, dan perlengketan pada jaringan sekitar.

"Ketika jaringan sekitar lengket, ovum akan susah diangkat. Sehingga sel telur dengan sperma sulit dipertemukan. Hal tersebut menyebabkan pasangan suami istri akan mengalami kegagalan kehamilan atau infertilitas," ungkap dokter Ari.

Selain itu, iritasi, peradangan, pembengkakan, dan perlengketan yang terjadi akibat endometrium itu akan menyebabkan perut terasa nyeri saat haid.

Nyeri saat haid memang lumrah terjadi. Namun menurut dokter Ari, jika nyeri tersebut datang hampir setiap kali haid dan berlangsung lama dalam hitungan jam, maka ada permasalahan pada reproduksi yang harus segera ditangani.

Dilansir dari doktersehat.com, nyeri haid juga akan mengganggu kesuburan wanita yang apabila dibiarkan akan menjadikan seorang wanita menjadi mandul. (*)

Penulis: Wilujeng Puspita Dewi
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help