Ramadan 2018

Menjelang Lebaran, Komunitas Mobil Semarang Adakan Baksos di Dua Panti Kota Semarang

Memasuki hari ke 25 di bulan suci Ramadan, Komunitas Mobil Semarang (Kosmos) mulai mengadakan kegiatan bakti sosial.

Menjelang Lebaran, Komunitas Mobil Semarang Adakan Baksos di Dua Panti Kota Semarang
Tribun Jateng/Faizal M Affan
Memasuki hari ke 25 di bulan suci Ramadan, Komunitas Mobil Semarang mengadakan kegiatan bakti sosial, Minggu (10/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Memasuki hari ke 25 di bulan suci Ramadan, Komunitas Mobil Semarang (Kosmos) mengadakan kegiatan bakti sosial. Kegiatan yang diikuti oleh 25 perwakilan club mobil di Semarang ini, menyasar dua panti yang ada di Kota Semarang.

Yang pertama ada di Panti Wreda Omega di Jalan Borobudur Selatan, Manyaran, Semarang Barat dan Panti Asuhan Darul Muhajirin, Jalan Sabrangan Sejuk, Kampung Nglarang, RT 3, RW 9, Gunungpati, Semarang.

Ketika para anggota komunitas yang menggunakan mobil berbeda-beda ini sampai di Panti Wreda Omega, mereka langsung disambut oleh para pengurus panti. Para orang tua yang rata-rata menggunakan kursi roda, juga sudah menunggu di dalam ruangan untuk menyambut anggota komunitas Kosmos yang berpartisipasi.

Di dalam ruang tersebut, Hendra Laxono, Ketua Umum Kosmos, memberikan sambutan kegembiraan kepada para orang tua yang menyaksikan. Seusai pemberian bantuan secara simbolis dilakukan, seluruh anggota komunitas Kosmos bersalaman dengan orang tua yang duduk di kursi rodanya.

"Untuk tahun ini, kami memilih panti yang berada di wilayah Semarang Selatan. Karena sebelumnya daerah sini belum pernah kita jamah. Setiap tahun panti yang kami beri bantuan berbeda-beda. Karena memang ingin membagi rata di seluruh wilayah Kota Semarang. Tidak ada yang dikhususkan," terang Hendra, seusai acara.

Alasan komunitas Kosmos mengadakan kegiatan bakti sosial menjelang lebaran, karena menyesuaikan jadwal anggota yang lain. Kebetulan komunitas Kosmos dinaungi oleh 126 komunitas mobil yang berbeda-beda. Maka dari itu, menjelang awal puasa hingga saat ini, setiap komunitas mobil tersebut sudah mengadakan kegiatan bakti sosial sendiri. Hendra juga menjelaskan, mengapa yang ikut hanya 25 perwakilan.

"Kebetulan hari ini kami ada dua agenda. Pagi ini ke panti, sore nanti akan ada bukber dan bagi takjil. Maka dari itu, kami membaginya dalam beberapa tim. Tapi semua komunitas yang bernaung di Kosmos, ikut berpartisipasi untuk bersedekah," tutur Hendra.

Saat di Panti Wreda Omega, Kosmos memberikan bantuan berupa uang tunai, roti, beras, mi instan, gula, telur, dan bahan pokok lainnya. Sedangkan yang di Panti Asuhan Darul Muhajirin, akan diberikan kasur, uang tunai, sembako, dan peralatan lain. Sebab, menurut kesepakatan seluruh anggota komunitas Kosmos, panti asuhan tersebut masih kurang diperhatikan oleh para dermawan di kota ini.

"Keadaan di Panti Asuhan Darul Muhajirin menurut kami, sangat membutuhkan bantuan lebih. Karena kurangnya perhatian dari para dermawan. Kami berharap, semua yang kami berikan kepada kedua panti tersebut bisa bermanfaat, dan untuk kami pribadi bisa menjadi ladang amal di bulan suci Ramadan ini," terangnya.

Jumediafaniya, yang merupakan Ketua Pengurus Harian panti, mengungkapkan kegembiraannya bisa menyambut para anggota komunitas.

"Kami sangat berbahagia sekali mendapatkan kepedulian dari para anggota komunitas Kosmos. Para oma dan opa yang ada di sini juga sangat bersukacita, atas perhatian yang diberikan oleh komunitas," ucapnya.

Faniya juga menambahkan, jika panti wreda Omega sangat terbantu dengan diberikannya bantuan berupa uang tunai dan sembako. Terlebih di panti wreda ini juga sangat membutuhkan peralatan mandi untuk orang tua, dan popok khusus orang tua. Sebelum komunitas ini hadir, para mahasiswa Universitas Negeri Semarang juga mengadakan kegiatan baksos di panti wreda ini.

"Sebelumnya, juga ada dari mahasiswa Unnes bakti sosial di sini. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih banyak atas bantuan yang diberikan. Semua bantuan tersebut akan kami manfaatkan sebaik-baiknya," pungkas Faniya. (*)

Penulis: faisal affan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help