Mudik Lebaran

Ini Cerita Pengalaman Pemudik Motor Gratis Kemenhub Tiba di Stasiun Purwasari

Ini Cerita Pengalaman Pemudik Motor Gratis Kemenhub Tiba di Stasiun Purwasari. Kepala Stasiun Purwosari Solo, Slamet Triyanto

Ini Cerita Pengalaman Pemudik Motor Gratis Kemenhub Tiba di Stasiun Purwasari
tribunjateng/akbar hari mukti
Sejumlah sepeda motor mudik gratis tiba di stasiun Purwosari Solo. Sebagian motor pemudik sudah diambil pemiliknya, Senin 11 Juni 2018 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Stasiun Purwosari Solo jadi tujuan penyelenggaraan angkutan motor gratis Lebaran 2018.

Adapun, sejumlah kendaraan roda dua tertata rapi di halaman parkir sisi timur stasiun, Senin (11/6/2018).

Kepala Stasiun Purwosari Solo, Slamet Triyanto, menjelaskan, sebelumnya tim survey Kemenhub telah melakukan pengecekan lokasi.

Menurutnya, memang stasiun ini memiliki ruang cukup untuk parkir motor yang berjumlah ratusan. Sejak Sabtu (9/6/2018) hingga sekarang, menurutnya sudah ada total 654 motor pemudik yang terparkir di stasiun tersebut. Sebagian sudah diambil pemilik.

"Dari kuota parkir untuk sepeda motor telah memadai. Cukup untuk memarkir motor pemudik gratis," terangnya.

Menurutnya, pengamanan stasiun juga sudah dikoordinasikan dengan petugas keamanan setempat. Dan juga dibantu aparat TNI dan Polri yang bertugas di posko lebaran di sekitar stasiun.

Seorang pemudik, Adrian (31) mengaku senang mengikuti mudik gratis bersama Kemenhub tersebut. Sampai di sana, pihak stasiun memberikan snack bagi pemudik termasuk dirinya.

"Lebih irit dan nyaman ya. Daripada motoran dari Jakarta ke sini pasti bahaya dan rawan ngantuk," terang pria asal Sukoharjo ini.

Manajer Freight Customer Care PT KAI, Sugeng, menambahkan bila Stasiun Purwosari memang dijadikan pusat tujuan angkutan motor mudik gratis di Kota Solo. Sejak 2015, ia menyatakan pemusatan angkutan motor gratis di Solo adalah Stasiun Purwosari Solo.

Lebih jauh ia menjelaskan, Stasiun Purwosari tergolong perlintasan kereta api motor di Lintas Selatan II dari tiga lintasan angkutan motor mudik gratis.

Di antaranya Lintas Utara dari Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, Surabaya Pasarturi. Lalu Lintas Selatan I yang meliputi Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cimahi, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Sidarejo, Maos, Kroya, Kebumen, Gombong, dan Kutoarjo.
"Di lintas Selatan II, yakni Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cirebon Prujakan, Kutoarjo, Yogyakarta Lempuyangan, Klaten, Solo Purwosari, Madiun, Kertosono, Kediri, Tulungagung, dan Blitar," bebernya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help