Home »

Solo

Meski Lebaran, Pemkot Solo Tetap Operasionalkan 44 Pasar Tradisional

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, tak menghentikan operasional seluruh pasar tradisional meski Lebaran.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, tak menghentikan operasional seluruh pasar tradisional meski Lebaran. Pemkot tetap akan buka 44 pasar tradisional yang ada di Kota Solo.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kota Solo, Subagiyo, Senin (11/6/2018).

"Pasar tak ada libur. Tidak ada regulasi yang mengatur jika pasar libur pada saat Lebaran. Maka selama Lebaran pasar tak tutup, termasuk petugas pasar harus siaga," jelas Subagiyo.

Subagiyo menjelaskan, dalam Perda Nomor 1 tahun 2010 tentang Pengelolaan Pasar dan Perlindungan Pasar Tradisional, disebutkan seluruh pasar tradisional tetap beroperasi mulai pukul 05.00 hingga pukul 18.00.

"Libur Lebaran, pasar tetap buka untuk menjamin ketersediaan bahan kebutuhan warga Solo," papar dia.

Walau begitu Subagiyo menerangkan, sebagian pedagang tetap pasti menutup lokasi berjualan mereka saat hari pertama hingga kedua Lebaran 2018.

"Kami tetap terjunkan petugas lapangan, bahkan personel selama Lebaran akan ditambah," ujar dia.

Menurutnya jumlah petugas yang tetap bekerja bervariasi menyesuaikan tingkat keramaian pasar. Petugas paling banyak bakal ditempatkan di pasar-pasar besar, misalnya Pasar Klewer Solo dan juga Pasar Gede.

"Satu pasar ada tiga hingga lima petugas harian. Mulai keamanan, kebersihan hingga kesekretariatan. Khusus keamanan, kami dibantu personel keamanan masing-masing pasar," jelas Subagiyo.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Tavip Harjono membenarkan jika pasar Klewer tetap buka selama Lebaran.

"Tapi kami sudah berkoordinasi dengan pengelola pasar, sebagian besar kios tutup selama hari pertama dan kedua Idul Fitri," ungkapnya. (Ahm)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help