Selama Libur Lebaran, Telkomsel Perkirakan Ada Lonjakan Trafik Hingga 57 Persen

Musim libur Lebaran 2018 ini, lonjakan trafik layanan data mencapai 57 persen, dibandingkan hari biasa.

Selama Libur Lebaran, Telkomsel Perkirakan Ada Lonjakan Trafik Hingga 57 Persen
Istimewa
EVP Area Jawa Bali Telkomsel, Agus Setia Budi (tengah), bersama GM Sales Region Jateng-DIY Telkomsel, Retno Wardani, dan GM ICT Operation Region Jateng-DIY Telkomsel, Hersetyo Pramono, saat melakukan pengecekan kesiapan jaringan di BTS Telkomsel, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - General Manager Information Communication and Technology (GM ICT) Region Jateng-DIY PT Telkomsel, Hersetyo Pramono, memperkirakan, musim libur Lebaran 2018 ini, lonjakan trafik layanan data mencapai 57 persen, dibandingkan hari biasa.

“Dibandingkan hari normal, kami perkirakan lonjakannya mencapai 57 persen di wilayah kami dalam kaitannya penggunaan layanan data Telkomsel.

Bahkan sekitar 73 persen apabila kami bandingkan periode sama di tahun sebelumnya,” kata Hersetyo.

Dalam keterangannya, dia mengutarakan, lonjakan trafik tersebut sangat dimungkinkan bahkan dipastikan terjadi karena mayoritas pengguna kini pun memanfaatkan data dalam aktivitas mudik mereka.

“Termasuk juga di saat mereka sedang berlibur di musim libur Lebaran tahun ini. 

Tingginya penggunaan layanan data juga dipicu seringnya pelanggan mengunggah foto dan video aktivitas di lokasi mudik dan wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan,” jelasnya.

Di samping itu, lanjutnya kepada Tribunjateng.com, Senin (11/6/2018), pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi dan direktori kuliner, penginapan, serta beragam aktivitas seni maupun budaya yang bisa dilakukan.

“Di sisi lain, trafik layanan suara diperkirakan juga meningkat sekitar 3 persen dibanding hari normal. Sedangkan trafik layanan SMS cenderung stagnan, tidak mengalami perubahan yang signifikan dibanding hari biasa karena tak dimungkiri kini mulai sangat jarang memanfaatkan layanan itu,” tukasnya.

Menurutnya, seperti di periode-periode sebelumnya, lonjakan trafik tersebut secara umum dikarenakan oleh perilaku pelanggan yang kini semakin fasih dan intensif dalam menggunakan berbagai aplikasi dan layanan digital.

“Untuk itu, kami sejak jauh-jauh hari telah mempersiapkannya.

Baik dari sisi infrastruktur maupun produk serta layanan agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan secara nyaman,” lanjut Corporate Communications PT Telkomsel Jateng-DIY Agus Budi Prasetiyono.

Yoyo, sapaan akrab Agus Budi Prasetiyono, menambahkan, pada prinsipnya, PT Telkomsel berusaha senantiasa untuk menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal dan prima.

“Seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik maupun pusat-pusat keramaian publik sudah kami tingkatkan. 

Secara nasional, kami sudah bangun 12 ribu base transceiver station (BTS) multiband long term evolution (LTE). Mulai dari berfrekuensi 990 MHz hingga 2.300 MHz,” tutur Yoyo. (dse)

Penulis: deni setiawan
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved