H-3 Lebaran, Jalur Wisata Dieng Sepi

Tetapi kepadatan itupun tidak berlangsung lama atau cepat teratasi oleh petugas kepolisian yang bersiaga mengatur arus lalu lintas di pasar

H-3 Lebaran, Jalur Wisata Dieng Sepi
Tribunjateng.com/Khoirul Muzaki
Kondisi simpang Dieng sepi arus 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - Hingga H-3 lebaran, kondisi arus di jalur tengah relatif sepi. Jalur tengah yang melintasi Kabupaten Wonosobo belum terlihat adanya kenaikan arus yang signifikan.

Kepadatan hanya terjadi di beberapa lokasi pasar tumpah. Di titik itu, kepadatan diakibatkan oleh mobilitas pengunjung pasar yang meningkat hingga tumpah ke jalan raya yang dipadati pengendara.

Tetapi kepadatan itupun tidak berlangsung lama atau cepat teratasi oleh petugas kepolisian yang bersiaga mengatur arus lalu lintas di pasar.

Kelengangan arus bukan hanya terjadi di jalur mudik utama. Jalur wisata favorit di jalur tengah Pegunungan Dieng pun kondisinya sama. Jalur menuju berbagai objek wisata andalan Jawa Tengah tersebut terpantau sepi.

Kendaraan yang melintas bahkan masih didominasi angkutan umum maupun warga sekitar. Tidak banyak kendaraan berplat luar kota melintas di jalur tersebut.

Pemandangan sepi juga terlihat di Pertigaan Dieng dan area parkir Telaga Warna. Terlihat jarang kendaraan yang melintas. Belum tampak adanya peningkatan arus. Di kompleks parkir Telaga Warna yang baru dilebarkan itu, hanya terlihat belasan kendaraan yang parkir.

Kasihumas Polsek Kejajar Bripka Sunawi saat ditemui di lokasi Gardu Pandang Tieng mengungkapkan, situasi arus seperti ini sudah berlangsung sejak tadi pagi.

"Masih relatif sepi. Belum banyak kendaraan pemudik maupun pelancong yang melintas. Nyaris tidak ada antrean di sepanjang jalur wisata," katanya.

Dia memperkirakan, arus kendaraan menuju Dieng mulai padat setelah hari raya Idul Fitri, atau H+1. Pawa waktu itu, akan banyak pemudik yang memilih menghabiskan waktu dengan mengunjungi berbagai objek wisata di Dieng.

Di sepanjang jalur wisata ini, ada beberapa titik rawan macet yang perlu diwaspadai oleh pemudik atau pelancong. Di antaranya Pasar Kejajar, Gardu Pandang, Tanjakan 15 Persen, Pertigaan Dieng dan jalan masuk menuju lokasi wisata di Dieng.

"Namun jangan khawatir, di sepanjang jalur tersebut ada banyak rest area mandiri yang disiapkan Polsek maupun warga sekitar,"kata Bripka Sunawi. (*)

Tags
Dieng
Mudik
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help