Survei: Lelaki Lebih Suka Wanita Tampil Alami, Bukan yang Menor

Jangan dikira semua pria menyukai wanita yang banyak make up. Bahkan berdasar survei, lelaki justru lebih suka wanita yang tampil alami.

Survei: Lelaki Lebih Suka Wanita Tampil Alami, Bukan yang Menor
TRIBUNJATENG/HERMAWAN HANDAKA/dok
ILUSTRASI make up wajah 

TRIBUNJATENG.COM - Jangan dikira semua pria menyukai wanita yang banyak make up. Bahkan berdasar survei, lelaki justru lebih suka wanita yang tampil alami.

Sebuah studi mengungkapkan, dua per tiga wanita Inggris merias diri secara maksimal agar tampil cantik di hadapan pria. Pada saat yang sama, tiga per empat pria mengatakan bahwa mereka lebih menyukai tampilan yang lebih alami.

Lebih mengejutkan lagi, hampir 40 persen pria beranggapan bahwa mayoritas wanita memakai terlalu banyak riasan.

Sebuah merek kosmetik ternama, St Ives, lantas melakukan survei yang melibatkan 1.000 wanita dan 550 pria. Hasil dari survei tersebut mengungkapkan bahwa satu dari sepuluh wanita menggunakan make up semata-mata hanya untuk mengesankan lawan jenisnya.

Nyaris 500 wanita mengakui, mereka biasa mengaplikasikan make up setidaknya empat kali sehari atau 1.460 kali setahun. Dari sekian banyak wanita, 67 persen mengaku bahwa membiarkan wajah mereka polos tanpa make up hanya dua kali sebulan.

Minggu adalah hari bagi 48 persen wanita untuk menghapus riasan seharian. Tetapi pada hari kerja, hampir seperlimanya kembali "ber-make up ria". Setengah dari responden juga melakukan touch-up saat makan siang, sementara 16 persen memilih menyempurnakan makeup pagi yang sudah mulai pudar di sore hari.

Penelitian menemukan, bahkan ketika wanita cukup berani untuk terlihat “alami” alias tanpa makeup, biasanya mereka masih tetap menghabiskan anggaran lebih untuk perawatan kecantikan seperti pijat, tanning, dan facial.

Lantas, cara make up seperti apa yang tidak disukai pria? Dalam riset yang sama, ditemukan bahwa 45 persen pria tidak suka terhadap riasan wajah yang terlalu banyak alias menor, 33 persen pria tidak suka bila wanita melakukan tanning, 5 persen pria juga tidak suka dengan wanita bergincu merah cerah, sementara 4% pria lebih suka jika wanita tidak memakai bulu mata palsu atau alis yang tebal.

Di sisi lain, make up memang dipercaya meningkatkan rasa percaya diri wanita. Sebanyak 20 persen wanita mengaku bahwa mereka merasa lebih baik dengan make up dan kurang percaya diri tanpanya.

Sekitar 17 persen mengaku akan membatalkan kencan mereka bila make up mereka tidak sempurna. Lebih ekstrem lagi, 14 persen wanita tak akan berani meninggalkan rumah jika salah satu peralatan make up mereka hilang atau tertinggal. (National Geographic Indonesia)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help