Mudik Lebaran

Tips Sehat Perjalanan Jauh, Awas Jangan Sampai Kelelahan

Tak ada salahnya baca artikel untuk menambah wawasan cara menjaga kesehatan, meskipun pembaca sudah berangkat mudik

Tips Sehat Perjalanan Jauh, Awas Jangan Sampai Kelelahan
tribunjateng/rahdyan trijoko pamungkas
Sejumlah TKI dari Malaysia dan Singapura tiba di bandara internasional Ahmad Yani Semarang, Juni 2018 

TRIBUNJATENG.COM - Tak ada salahnya baca artikel untuk menambah wawasan cara menjaga kesehatan, meskipun pembaca sudah berangkat mudik atau dalam perjalanan pulang kampung.

Mudik menempuh perjalanan jauh atau arus balik Lebaran bisa menjadi kegiatan yang melelahkan. Saat tubuh berada dalam kondisi itu, ancaman terserang penyakit atau mengalami kecelakaan pun lebih besar terjadi.

Pendapat tersebut diakui pula oleh Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, Achmad Yurianto. Menurutnya, faktor utama penyebab 17 orang meninggal selama arus mudik pada 2016 lalu, di wilayah Brebes, Jawa Tengah, adalah kelelahan, sakit, dan kecelakaan.

“Kelelahan dan kekurangan cairan dapat berdampak fatal, terutama untuk kelompok rentan seperti anak-anak, orang tua, dan mereka yang memiliki penyakit kronis (hipertensi, diabetes, dan jantung),” ujar Achmad.

Antrean di Gate Toll Kertasari pada Sabtu (9/6/2018) lalu sepanjang 3 km.
Antrean di Gate Toll Kertasari pada Sabtu (9/6/2018) lalu sepanjang 3 km. (Tribunjateng.com/Akhtur Gumilang)

Maka dari itu, menjaga kesehatan tubuh sebelum dan saat berangkat mudik pun wajib dilakukan agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan tubuh selalu berada dalam kondisi fit. Berikut di antaranya:

Mengonsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan yang bergizi menjelang mudik. Penuhi juga asupan cairan dalam tubuh dengan banyak mengonsumsi air mineral. Hal ini bertujuan untuk mencegah tubuh lemas atau sakit saat pergi mudik.

Olahraga ringan

Lakukan olahraga ringan beberapa hari sebelum keberangkatan. Meski puasa, tak berarti olahraga harus berhenti. Jalan-jalan sore menjelang waktu buka puasa bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tidak mudah sakit.

Istirahat cukup

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help